PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA SEBAGAI PREDIKTOR KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS SENDANGADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Tutun Finfin, Setianti (2015) PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA SEBAGAI PREDIKTOR KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI SEGUGUS SENDANGADI KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (PERSEPSI ANAK TERHADAP POLA ASUH ORANG TUA... a.n.TUTUN F S).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum berkembangnya kecerdasan sosial anak secara optimal. Keluarga sebagai lingkungan pendidikan pertama dan utama merupakan tempat yang tepat untuk peletakan dasar-dasar pendidikan sosial bagi anak. Dengan penerapan pola asuh yang berbeda diasumsikan dapat mempengaruhi perkembangan kecerdasan sosial anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif secara simultan terhadap kecerdasan sosial siswa kelas IV sekolah dasar se-Gugus Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Populasi dalam penelitian ini adalah 147 siswa dengan sampel 107 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel bebas, yakni pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif serta satu satu variabel terikat, yaitu kecerdasan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Instrumen yang digunakan adalah skala psikologi dengan empat alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 15.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi terhadap pola asuh orang tua dapat digunakan sebagai prediktor terhadap kecerdasan sosial siswa kelas IV sekolah dasar negeri se-Gugus Sendangadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Saran dari penelitian ini hendaknya orang tua lebih mengingkatkan perlakuan demokratis terhadap anak, meliputi melibatkan anak bermusyawarah, menghargai prestasi anak, memperhatikan kebutuhan anak, dan mengontrol perilaku anak. Kata kunci: pola asuh, kecerdasan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Apr 2015 00:01
Last Modified: 29 Jan 2019 19:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13655

Actions (login required)

View Item View Item