Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Electronic Work Bench (EWB)dan Proteus Terhadap Pencapaian Kompetensi pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Pengasih

Rasyid, Nugroho (2015) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Electronic Work Bench (EWB)dan Proteus Terhadap Pencapaian Kompetensi pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Teknik Elektronika Industri SMKN 2 Pengasih. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media EWB pada pelajaran teknik elektronika di SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui peningakatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media Proteus pada pelajaran teknik elektronika di SMK N 2 Pengasih, (3) perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang mendapat perlakuan media EWB dengan siswa yang mendapat perlakuan media Proteus, (4) mengetahui metode pembelajaran yang lebih cocok untuk pelajaran teknik elektronika di SMK N 2 Pengasih, antara media EWB dengan Proteus. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan Two Group, Pretest Posttest Design. Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar atau nilai pretest dan posttest. Analisis perbedaan peningkatan menggunakan uji t test, sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dapat dilihat melalui nilai gain. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan media EWB masuk dalam kategori gain sedang, (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode Proteus masuk dalam kategori gain sedang, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika antara siswa yang mendapat perlakuan media EWB dengan siswa yang mendapat perlakuan media Proteus. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika dengan menggunakan media EWB lebih tinggi dibanding dengan menggunakan media Proteus, (4) media EWB lebih cocok diterapkan pada mata pelajaran Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Admin Pendidikan Elektronika FT
Date Deposited: 23 Mar 2015 03:16
Last Modified: 29 Jan 2019 19:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item View Item