Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Berbantuan Komputer untuk Siswa SMP Kelas VII

Bastani, Bastani (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Berbantuan Komputer untuk Siswa SMP Kelas VII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-bastani-10706259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan media pembelajaran kosakata bahasa Inggris berbantuan komputer untuk siswa SMP kelas VII; dan (2) mengetahui kelayakan media pada aspek materi, pemrograman, dan tampilan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall dan Alessi & Trollip’s yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, desain, dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penetapan tujuan dan penganalisisan kebutuhan. Tahap desain meliputi penyelenggaraan focus group discussion, pembuatan flowchart, storyboard, penyiapan materi, dan bahan pendukung. Tahap pengembangan meliputi pembuatan aplikasi berdasarkan flowchart dan storyboard, validasi ahli dan validasi pengguna. Validasi ahli meliputi aspek materi, pemrograman, dan tampilan. Validasi pengguna dilakukan dengan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan dengan PTK. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner/angket dan tes. Kelayakan media dilihat dari data hasil validasi ahli, validasi pengguna, dan peningkatan pencapaian KKM. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) produk media pembelajaran kosakata bahasa Inggris berbantuan komputer dalam bentuk CD pembelajaran dan print out produk, yang berisi slide pembuka, pendahuluan, petunjuk, kompetensi, materi, latihan dan evaluasi; dan (2) kelayakan media ditinjau dari aspek materi termasuk kriteria sangat layak dengan rata-rata skor 4,47 pada skala lima, aspek pemrograman termasuk kriteria sangat layak dengan rata-rata skor 4,21 dan aspek tampilan termasuk kriteria sangat layak dengan rata-rata skor 4,44. Hasil evaluasi, semua siswa atau 100% dari 30 siswa dapat memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan, karena itu maka media ini sangat layak digunakan dalam pembelajaran

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan,media pembelajaran,kosakata,pembelajaran berbantuan komputer
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 24 Nov 2022 03:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13553

Actions (login required)

View Item View Item