Implementasi PMRI dengan Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Sikap Positif terhadap Matematika dan Motivasi Belajar Siswa

Isandespha, Ida Nurmila (2013) Implementasi PMRI dengan Asesmen Portofolio untuk Meningkatkan Sikap Positif terhadap Matematika dan Motivasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ida-nurmila-isandespha-09712251006.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap positif terhadap Matematika dan motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah Jogodayoh, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 melalui PMRI dengan asesmen portofolio dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan model Kemmis & Taggart yang pada tiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, obeservasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Jogodayoh, Sumbermuyo, Bambanglipuro, Bantul tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 14 siswa. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penerapan pendekatan PMRI melalui metode simulasi, eksplorasi, kinerja siswa dan permainan serta penyusunan portofolio dengan melibatkan orang tua siswa untuk memberikan feedback secara tertulis pada setiap tugas portofolio yang disusun siswa dalam pembelajaran matematika. Kolaborator dalam penelitian adalah guru kelas IV sebagai pelaksana tindakan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi skala sikap siswa, wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah skala sikap siswa, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap positif terhadap matematika dan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan pendekatan PMRI melalui metode simulasi, eksplorasi, kinerja siswa dan permainan serta penyusunan portofolio dengan melibatkan orang tua siswa untuk memberikan feedback secara tertulis pada setiap tugas portofolio yang disusun siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata skor sikap positif siswa. Rata-rata skor sikap positif siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 76,50 dengan kriteria cukup positif. Pada sikus I meningkat menjadi 81,50 dengan kriteria positif dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,79 dengan kriteria positif. Meningkatnya motivasi siswa bisa dilihat dari data hasil wawancara. Dari hasil wawancara diperoleh informasi bahwa siswa yang termotivasi untuk belajar lebih giat sebanyak 7,14% pada pra tindakan, kemudian meningkat menjadi 50% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 92,86% pada siklus II

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: PMRI,Asesmen Portofolio, Sikap Positif,Motivasi Belajar Siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 09 May 2019 01:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13541

Actions (login required)

View Item View Item