SOLIDARITAS KELOMPOK PEMUDA TERHADAP PELESTARIAN TRADISI SINOMAN (STUDI KASUS DI DUSUN JOHO, DESA CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN)

Dewi Khumairoh, . (2015) SOLIDARITAS KELOMPOK PEMUDA TERHADAP PELESTARIAN TRADISI SINOMAN (STUDI KASUS DI DUSUN JOHO, DESA CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 10413244021 Dewi Khumoiroh.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berlatarbelakang pada pemuda yang telah berkurang partisipasinya dalam sinoman. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mengetahui motivasi dan partisipasi pemuda terhadap pelestarian tradisi sinoman sebagai wujud solidaritas kelompok, bagaimana interaksi antar pemuda yang sering dan jarang berpartisipasi dalam sinoman, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung para pemuda Joho berpartisipasi dalam sinoman. Penelitian ini dilaksanakan di Dusun Joho, Condongcatur, Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah para sinoman dan tuan rumah yang menggunakan jasa sinoman. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Kemudian, untuk kevaliditasan data yang peneliti peroleh, peneliti menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik dari Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa motivasi dan partisipasi pemuda terhadap pelestarian tradisi sinoman sebagai wujud solidaritas kelompok berjalan dengan baik, dimana pemuda Joho masih tetap bersedia berpartisipasi dalam sinoman. Bentuk interaksi antar pemuda yang sering dan jarang berpartisipasi dalam sinoman dibagi menjadi; Interaksi assosiatif, sinoman tetap bertegur sapa dan mengayomi sinoman muda yang belum berpengalaman. Interaksi disosiatif, terdapat miskomunikasi dengan tuan rumah serta pengucilan terhadap pemuda yang kurang aktif. Faktor penghambat para pemuda Joho berpartisipasi dalam sinoman yaitu (a) faktor internal; adanya rasa malas dan fisik yang kelelahan, (b) faktor eksternal; kesadaran yang masih rendah, kurangnya komunikasi antar sinoman dan adanya sanksi sosial. Kemudian faktor pendukung para pemuda joho berpartisipasi dalam sinoman yaitu (a) faktor internal; kesadaran bertanggungjawab sebagai bagian dari masyarakat; dan mengharap timbal balik, (b) faktor eksternal; teman; tuan rumah; serta hiburan. Solidaritas yang terjadi pada kelompok pemuda dusun Joho merupakan solidaritas organik yang masih terdapat unsur solidaritas mekanik di dalamnya. Kata kunci : Solidaritas, Sinoman, Tradisi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Ilmu Sosial > Kebudayaan
Ilmu Sosial > Multikultural
Ilmu Sosial > Sosiokultural
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:44
Last Modified: 29 Jan 2019 19:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13519

Actions (login required)

View Item View Item