STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT SLEMAN

Yusnia Risvitasari (2012) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR BERSAMA SAMSAT SLEMAN. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
hal judul-daftar isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I-V.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (67MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kendaraan bermotor di Samsat Sleman. Dalam menganalisis strategi yang dilaksanakan di Samsat Sleman menggunakan konsep manajemen strategi meliputi formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan selama dua bulan mulai tanggal 12 Juli sampai dengan 20 September 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data,reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pengujian kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Samsat Sleman dalam meningkatkan kualitas pelayanan kendaraan bermotor yang didasarkan analisis lingkungan terdiri dari enam strategi yakni (1) melakukan penataan dan pembenahan ruangan pelayanan, (2) menetapkan pembagian tiga jangkauan wilayah pelayanan, (3) meningkatkan pengembangan Samsat online system dengan melakukan kerjasama dengan BPD sebagai kas daerah, (4) meningkatkan pelayanan pajak terkait pengenaan tarif progresif , (5) pengadaan Samsat keliling untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat serta (6) pelaksanaan pembebasan balik nama kendaraan bermotor. Dalam implementasinya, strategi tersebut dituangkan dalam enam jenis program yakni (1) kegiatan pembenahan ruangan pelayanan, (2) pembagian jangkauan pelayanan, (3) Corner BPD, (4) cek pajak progresif, (5) Samsat keliling serta (6) pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor. Evaluasi strategi yang dilakukan adalah berupa tindakan monitoring dan tindakan korektif. Tindakan monitoring dilakukan dengan cara melakukan koordinasi selama proses pelayanan berlangsung di Kantor Bersama Samsat Sleman sedangkan tindakan korektif dilakukan dengan cara melakukan analisis mengenai beberapa program yang telah dilaksanakan atau masih belum dilaksanakan oleh Samsat Sleman. Kata kunci : Strategi, Samsat Sleman, Kualitas pelayanan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Administrasi Publik
Depositing User: Admin Administrasi Negara FIS
Date Deposited: 21 Mar 2015 16:12
Last Modified: 29 Jan 2019 19:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13496

Actions (login required)

View Item View Item