PERBEDAAN KETEPATAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PUNGGUNG KAKI DAN KAKI BAGIAN LUAR PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 WANADADI KEC. WANADADI KAB. BANJARNEGARA

Agatha Abrina, AAW (2015) PERBEDAAN KETEPATAN PASSING BAWAH MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PUNGGUNG KAKI DAN KAKI BAGIAN LUAR PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 WANADADI KEC. WANADADI KAB. BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img] Text
ABSTRAK Agatha.doc

Download (31kB)

Abstract

Passing bawah merupakan salah satu unsur penting dari teknik dasar sepakbola, dalam permainan sepakbola terdapat tiga jenis passing bawah menurut perkenaan bola pada kaki yaitu passing bawah menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan ketepatan passing bawah menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Wanadadi. Penelitian ini mengunakan metode survei dengan teknik tes pengukuran. Subjek adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Wanadadi. Total subjek yang diambil 30 orang. Penelitian mengunakan instrument tes keterampilan bermain sepakbola yang disusun oleh Subagyo Irianto dengan nilai validitas 0,812 dan nilai reliabilitas 0,879. Teknik analisis data menggunakan Uji normalitas Chi Kuadrat, menggunakan uji homogenitas uji Bartlett dan mengunakan uji beda dengan ANAVA untuk pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil ketepatan passing bawah menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki dan kaki bagian luar. Perbedaan dapat dilihat dari nilai rerata hasil tes ketepatan passing bawah menggunakan kaki bagian dalam adalah 7.6 , rerata hasil tes ketepatan passing bawah menggunakan punggung kaki adalah 5.47, sedangkan rerata hasil tes ketepatan passing bawah yang terkecil adalah menggunakan kaki bagian luar dengan rerata 4.7. Ketepatan passing bawah yang paling baik adalah menggunakan kaki bagian dalam.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Humas FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 19:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13488

Actions (login required)

View Item View Item