Pengembangan Instrumen Asesmen Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak

Utsman, Utsman (2013) Pengembangan Instrumen Asesmen Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini pada Taman Kanak-Kanak. S3 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-utsman-05701261012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan model instrumen asesmen yang digunakan oleh guru selama kurun waktu tiga tahun terakhir untuk mendeteksi pencapaian perkembangan anak usia dini pada taman kanak-kanak, 2). Mengembangkan instrumen asesmen pencapaian perkembangan kognitif perkembangan bahasa, perkembangan sosial emosional, dan perkembangan fisik motorik anak usia dini pada taman kanak-kanak yang memenuhi kriteria valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, dan 3). Mengembangkan instrumen asesmen pencapaian perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan sosial emosional dan perkembangan fisik motorik dalam satu kesatuan yang memenuhi kreteria valid, reliabel, dan goodness of fit statistic. Penelitian ini menggunakan model Research and Development dari Plomp (1997: 5) yang terdiri dari lima fase, yaitu: fase investigasi, desain, realisasi, tes, dan implementasi. Fase insvestigasi mengkaji instrumen asesmen pencapaian pekembangan anak usia dini yang digunakan guru, kajian terhadap teori, dan kajian terhadap hasil-hasil penelitian yang relevan. Fase desain membuat konstruk, indikator, deskriptor, item instrumen, menetapkan skor, dan pedoman penggunaan instrumen. Fase realisasi memvalidasi isi instrumen dengan menggunakan validator expert dan teknik Focus Group Discussion (FGD) dan dilanjutkan dengan validasi empirik menggunakan subjek coba anak usia dini pada taman kanak-kanak. Hasil penelitian sebagai berikut. 1) Model instrumen asesmen pada taman kanak-kanak yang dipakai guru dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ada tiga macam, yaitu model instrumen asesmen pencapaian perkembangan anak berbasis kompetensi, berbasis perkembangan anak, dan berbasis ujian akhir semester. 2) Instrumen asesmen yang dikembangkan menunjukkan: a) Instrumen asesmen pencapaian perkembangan kognitif adalah valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, karena faktor loading item terkecil 0,830 (>0,50), koefisiensi reliabilitas Cronbach’s Alpha item terkecil 0,946 (>0,70), P-value 0,08 (> 0,05) dan root mean square error at approximation (RMSEA) 0,40 (<0,05), b) Instrumen asesmen pencapaian perkembangan bahasa adalah valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, karena faktor loading item terkecil 0,789 (>0,50), koefisiensi reliabilitas Cronbach’s Alpha item terkecil 0,817 (>0,50), P-value 0,12 (>0,05), dan RMSEA 0,03 (< 0,05), c) Instrumen asesmen pencapaian perkembangan sosial emosional adalah valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, karena faktor loading item terendah 0,847 (>0,50), koefisiensi reliabilitas Cronbach’s Alpha item terkecil 0,941 (>0,70), P-value 0,26 (>0,05) dan RMSEA 0.026 (<0,05), d) Instrumen asesmen pencapaian perkembangan fisik motorik adalah valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, karena faktor loading item terkecil 0,840 (>0,50), koefisiensi reliabilitas Cronbach’s Alpha item terkecil 0,931 (>0,70), P-value 0,77 (> 0,05), dan RMSEA 0,00 (< 0,05). 3) Instrumen asesmen pencapaian perkembangan kognitif, bahasa, sosial emosional, dan fisik motorik dalam satu kesatuan memenuhi kreteria valid, reliabel, dan goodness of fit statistic, karena faktor loading terkecil 0,912 (>0,50), koefisiensi reliabilitas Cronbach’s Alpha terkecil diperoleh 0,879 (>0,70), P-value 1,0>0,05 dan RMSEA 0,00<0,05

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, asesmen, perkembangan anak
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 18 Jul 2022 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13436

Actions (login required)

View Item View Item