Model Peer Assessment pada Pembelajaran Kolaboratif Elaborasi Peta Konsep IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama : Uji Structural Equation Modeling

Rochmiyati, Rochmiyati (2013) Model Peer Assessment pada Pembelajaran Kolaboratif Elaborasi Peta Konsep IPS Terpadu di Sekolah Menengah Pertama : Uji Structural Equation Modeling. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-rochmiyati-027126001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat model peer assessment pada pembelajaran kolaboratif elaborasi peta konsep IPS Terpadu yang baik, valid, reliabel, dan akurat, agar guru dapat melakukan penilaian kecakapan sosial dan kecakapan kognitif siswa secara obyektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, dilakukan melalui tiga tahap yaitu prapengembangan, pengembangan dan tahap implementasi melalui uji empiris. Perangkat peer assessment kecakapan sosial disebut Rubrik Kecakapan Sosial Siswa, perangkat assessment kecakapan kognitif disebut Jurnal Kecakapan Kognitif Siswa dan perangkat monitoring pembelajaran kolaboratif disebut Lembar Kendali Pembelajaran Kolaboratif. Subyek penelitian guru dan siswa kelas VIII (delapan) Sekolah Menengah Pertama. Hasil penilaian ahli, pengawas, guru dan siswa dianalisis secara deskriptif kualitatif. Uji reliabilitas hasil penilaian guru menggunakan The General Multifacet Model. Uji validititas hasil penilaian siswa menggunakan Item Total Statistik dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji akurasi menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) program LISREL 8.71 dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) second order untuk menguji konstruk Rubrik Kecakapan Sosial dan Jurnal Kecakapan Kognitif, dan Exploratory Factor Analysis (EFA) first order untuk menguji konstruk Rubrik Profil Model Peer Assessment yaitu perangkat penilaian keterlaksanaan model Peer Assessment. Hasil penelitian pengembangan model peer assessment pada pembelajaran kolaboratif elaborasi peta konsep IPS Terpadu di SMP adalah 1) spesifikasi perangkat model peer assessment berbentuk Rubrik Kecakapan Sosial Siswa, Jurnal Kecakapan Kognitif Siswa dan Lembar Kendali Pembelajaran Kolaboratif. 2) Karakteristik perangkat model peer assessment berbentuk instrumen non-tes, rubrik penilaian dengan peer-rating, jurnal kecakapan kognitif berbentuk tugas individu dan kelompok. Hasil validasi ahli dan pengawas menunjukkan bahwa Rubrik Kecakapan Sosial Siswa, Jurnal Kecakapan Kognitif Siswa, dan Lembar Kendali Pembelajaran Kolaboratif dinyatakan baik. Hasil validasi guru dan siswa menyatakan sangat baik, Hasil analisis program statistik menunjukkan bahwa rubrik kecakapan sosial, jurnal kecakapan kognitif dan lembar kendali pembelajaran kolaboratif dinyatakan valid dan reliabel. 3) Hasil analisis konstruk perangkat model peer assessment menggunakan CFA dan SEM menunjukkan bahwa konstruk pada Rubrik Kecakapan Sosial dinyatakan akurat, dengan hasil CFI 0,98, RMSEA 0,073 dan PGFI 0,65. Hasil analisis konstruk Jurnal Kecakapan Kognitif dinyatakan akurat, dengan hasil CFI 0.94, RMSEA 0,88 dan PGFI 0,56. 4) Hasil analisis konstruk pada Rubrik Profil Model Peer Assessment dinyatakan akurat, dengan hasil CFI 0,98, RMSEA 0,52 dan GFI 0,84. 5) Hasil analisis struktural model peer assessment pada pembelajaran kolaboratif elaborasi peta konsep IPS Terpadu menunjukkan bahwa (a) Peer assessment estimasi parameter kecakapan kognitif siswa, dan (b) bahwa kecakapan sosial estimasi parameter kecakapan kognitif. Hasil CFI adalah 1.00, RMSEA 0,026 dan GFI 0,92. 6) Penelitian ini berbasis klasikal, dan pada uji empiris menunjukkan bahwa model peer assessment mempunyai dampak positif pada peningkatan perolehan nilai rata-rata kelas pada kecakapan kognitif. Kata kunci : model, peer assessment, kolaboratif, elaborasi, peta konsep, IPS Terpadu

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model, peer assessment, kolaboratif, elaborasi, peta konsep, IPS Terpadu
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 15 Jul 2022 06:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13412

Actions (login required)

View Item View Item