Perbandingan Karakteristik Psikometrik Penskalaan Tipe Thurstone Paired Comparison dan Likert dengan Teori Klasik dan Modern: Studi pada Instrumen Multiple Intelligences.

Setiawati, Farida Agus (2013) Perbandingan Karakteristik Psikometrik Penskalaan Tipe Thurstone Paired Comparison dan Likert dengan Teori Klasik dan Modern: Studi pada Instrumen Multiple Intelligences. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-farida agus setiawati-09701261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui skor hasil penskalaan instrumen multiple intelligences (MI) pada tipe Thurstone dan Likert dengan pendekatan klasik dan modern, 2) mengetahui karakteristik psikometrik instrument MI tipe Thurstone dan Likert pada data asli dan data yang diskalakan, 3) membandingkan karakteristik psikometrik pada kedua tipe data yang sudah diskalakan dengan menggunakan pendekatan klasik dan modern. Secara umum penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif yang dalam pelaksanaannya terdiri atas empat bagian yang saling terkait, yaitu 1) penelitian pengembangan instrumen, 2) penskalaan data hasil ujicoba, 3) analisis karakteristik psikometrik instrumen, 4) perbandingan karakteristik psikometrik instrumen. Pada penelitian pengembangan dibuat instrumen MI dengan menggunakan tipe Thurstone dan Likert dari konstruk yang sama. Instrumen MI yang dibuat divalidasi oleh ahli dan dicobaujikan di lapangan. Data dianalisis karakteristik psikometrik instrumennya dengan menggunakan pendekatan klasik dan modern dan dibandingkan karakteristik psikometriknya pada kedua tipe instrumen. Analisis perbandingan kedua tipe instrument dilakukan secara deskriptif. Hasil penskalaan menggunakan pendekatan klasik dengan metode paired comparison pada tipe Thurstone mendapatkan urutan skor tiap stimulus, yaitu logika-matematika, musik, linguistik, kinestetik, naturalis, visual, interpersonal, eksistensial dan intrapersonal. Dengan metode summated rating pada instrumen tipe Thurstone dan Likert dihasilkan skor terstandar dari yang rendah hingga tinggi pada tiap respons butir. Terdapat perubahan skor, varian, reliabilitas dan kesalahan baku pengukuran (SEM) pada data asli dengan data yang diskalakan pada teori klasik. SEM pada data asli yang reliabilitasnya tinggi setelah diskalakan mengalami penurunan. Koefisien reliabilitas dan SEM instrumen tipe Thurstone lebih rendah dibanding tipe Likert, hal ini disebabkan karena variasi data tipe Thurstone yang lebih rendah dibanding tipe Likert. Hasil Analisis menggunakan pendekatan modern atau IRT menghasilkan butir butir pada instrumen tipe Thurstone memiliki daya beda lebih rendah dan indeks kesulitan butir lebih tinggi dibanding tipe Likert, fungsi informasi butir maupun fungsi informasi tes pada instrumen tipe Likert lebih tinggi dibanding tipe Thurstone, dan SEM pada instrumen tipe Thurstone lebih tinggi dibanding tipe Likert. Dengan demikian hasil pengukuran dengan instrumen tipe Likert lebih akurat dibanding tipe Thurstone

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Penskalaan, Instrumen multiple intelligences, Tipe Thurstone, Tipe Likert
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 21 Sep 2022 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13405

Actions (login required)

View Item View Item