Model Evaluasi Diri dan Teman Sejawat (Edts) dalam Supervisi Pembelajaran Ipa Berbasis Lima Domain Sains

Winaryati, Eny (2013) Model Evaluasi Diri dan Teman Sejawat (Edts) dalam Supervisi Pembelajaran Ipa Berbasis Lima Domain Sains. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-eny-winaryati-10701261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model evaluasi diri dan teman sejawat (EDTS) dalam supervisi pembelajaran IPA berbasis lima domain sains (5 DS). Model EDTS digunakan untuk: 1. mengembangkan model evaluasi diri dan teman sejawat (EDTS) dalam supervisi pembelajaran IPA berbasis lima domain sains (5 DS); 2. mengevaluasi pembelajaran IPA berbasis 5 DS dalam supervisi melalui model EDTS; 3. menguji keefektifan model. Model EDTS dikembangkan melalui modifikasi Stake’s Countenance Models dan The Descrepancy Evaluation Model (DEM), dengan pendekatan ANTRANINPRO (antecedent, transaction, interim products). Evaluasi dalam supervisi pembelajaran IPA berdasarkan tahap supervisi pembelajaran. Evaluasi dilakukan oleh guru IPA sendiri dan guru IPA serumpun. Peran kepala sekolah sebagai fasilitator terjadi pada proses diskusi/feedback, dan peran validator pada kegiatan menvalidasi data antara guru sendiri dan teman sejawat. Subjek penelitian ini adalah SMP Negeri 7, 11, 14, 15, 19, 29, dan 32. Model EDTS dikembangkan melalui penelitian dan pengembangan (R&D). Tahapan R&D yang digunakan merupakan modifikasi ADDIE Model dan Cennamo model, dipadu dengan circular model of R&D, diperluas oleh model Havelock dan Borg & Gall. Rincian tahapannya adalah: analysis, definition, design, demonstration, development, implementation, delivery, dan evaluation. Fase R&D yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai fase development. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Mengembangkan model EDTS melalui pendekatan ANTRANINPRO (antecedent, transaction, interim product), yang terdiri dari matrik penilaian dan matrik deskripsi. Model dikembangkan melalui tahapan R&D baru. Uji coba dilakukan berdasarkan setiap satu kali uji coba hasilnya direvisi, dan digunakan untuk melakukan perbaikan pada uji coba berikutnya yang sedang berjalan. Dihasilkan pula model supervisi diri dan teman sejawat (SDTS) sebagai supervisi berbasis 5 DS. 2) Menghasilkan evaluasi dalam supervisi pembelajaran IPA berbasis 5 DS, melalui model EDTS berupa laporan diri yang diberikan oleh guru sendiri dan guru sejawat, untuk menghasilkan data informasi sebagai dukungan informasi kepada supervisor guna memperkuat pelaksanaan supervisi akademik di sekolah. Data penilaian kurang baik pada item yang terkait dengan 5 DS. Domain yang masih menjadi persoalan bagi guru untuk diaplikasikan adalah domain kreativitas dan aplikasi sains. 3) Model EDTS efektif untuk digunakan, berdasarkan data: validitas konten (96% relevan), reliabilitas (kriteria baik), diperkuat dengan triangulasi sumber dan jenis data, durasi waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penilaian lebih fleksibel dan obyektif, serta memberi dampak positif karena dihasilkan informasi yang mengarah terhadap perbaikan pembelajaran berikutnya. Penelitian ini mengkombinasikan antara maping handbook evaluasi dengan supervisi, memperkuat dan memperbaiki pelaksanaan PKG, dan menghasilkan supervisi berbasis mata pelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model EDTS, supervisi pembelajaran, lima domain sains
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 19 Jul 2022 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13403

Actions (login required)

View Item View Item