Model Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka

Suryanto, Adi (2013) Model Evaluasi Program Tutorial Tatap Muka Universitas Terbuka. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-adi-suryanto-04701261014.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi program tutorial tatap muka yang dapat digunakan untuk mengevaluasi program tutorial tatap muka UT secara tepat, komprehensif, praktis, dan mudah digunakan. Model evaluasi yang dikembangkan dalam penelitian ini menekankan pada evaluasi: perencanaan, pelaksanaan, dan hasil program tutorial sehingga model ini disebut model evaluasi P2HT. Model evaluasi P2HT dikembangkan berdasar model evaluasi pelatihan Kirkpatrick dan model evaluasi Alkin. Model evaluasi P2HT dikembangkan melalui delapan tahap: 1) kajian awal, 2) pengembangan disain, 3) pengembangan model prototipe, 4) uji coba terbatas, 5) revisi, 6) uji coba diperluas, 7) model akhir, dan 8) diseminasi. Model prototipe dan perangkat model diuji coba di UPBJJ-UT Yogyakarta dalam tiga tahap yaitu uji coba tahap I, II, dan III. Uji coba tahap I dimaksudkan untuk memperoleh model dan perangkat model yang valid dan reliabel. Uji coba tahap I melibatkan 101 mahasiswa. Uji coba tahap II dan III dimaksudkan untuk menguji model dan perangkat model pada sampel terbatas dan diperluas. Uji coba tahap II dilakukan pada tiga kelompok belajar yang melibatkan tiga tutor, dan 62 mahasiswa. Uji coba tahap III dilakukan pada 16 kelompok belajar yang melibatkan 16 tutor dan 416 mahasiswa. Validitas model dan perangkat model ditetapkan melalui uji keterbacaan, uji validitas isi dan validitas konstruk. Uji keterbacaan dilakukan oleh 15 ahli,12 praktisi pendidikan jarak jauh, dan 55 mahasiswa. Uji validitas isi dilakukan dengan cara mendiskusikan model dan perangkat model dengan para ahli melalui diskusi secara langsung, email, dan focus group discussion (FGD). Uji validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan Exploratory Factor Analysis (EFA) sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan analisis Alpha per dimensi. Analisis jalur digunakan untuk menguji hubungan kausal antar variabel yang ada dalam model evaluasi P2HT. Produk pengembangan ini berupa model empiris evaluasi P2HT yang dilengkapi dengan perangkat model yang terdiri dari: pedoman pelaksanaan evaluasi, instrumen, dan format pelaporan hasil evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) model evaluasi P2HT merupakan model yang komprehensif, tepat, praktis, mudah digunakan dan mempunyai tingkat keterbacaan yang tinggi; 2) semua instrumen yang dihasilkan merupakan instrumen yang valid dan reliabel; 3) pengelolaan program, kemandirian mahasiswa dalam belajar, tempat/fasilitas, proses tutorial, dan kepuasan mahasiswa berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari kelima variabel tersebut, proses tutorial memberikan pengaruh terbesar terhadap hasil belajar mahasiswa dengan total pengaruh sebesar 0,58

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, tutorial tatap muka, instrumen, validitas dan reliabilitas
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 18 Jul 2022 07:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13397

Actions (login required)

View Item View Item