Model Assessment for Learning (AFL) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Pembelajaran Bidang Busana bagi Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Vokasi

Widihastuti, Widihastuti (2014) Model Assessment for Learning (AFL) Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Pembelajaran Bidang Busana bagi Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Vokasi. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-08701261003-widihastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model AFL berbasis HOTS yang dapat diterapkan untuk pembelajaran bidang busana bagi mahasiswa calon guru pendidikan vokasi dan (2) menguji keefektifan model AFL berbasis HOTS dalam meningkatkan pemahaman dan HOTS mahasiswa calon guru pendidikan vokasi bidang busana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, dengan menggunakan HC-ADDIE modification model yaitu kolaborasi dan modifikasi dari model research, development, and diffusion (RDD) Hopkins & Clark dengan model ISD ADDIE dan classroom action research (CAR). Tahapan research meliputi kegiatan analysis & need assessment. Tahapan development meliputi kegiatan merancang (design) prototype model, memvalidasi model, uji keterbacaan, melatih dosen/pengamat, serta melakukan ujicoba terbatas dan diperluas sebagai kegiatan implementation, analysis, dan evaluation melalui CAR. Tahapan diffusion meliputi kegiatan diseminasi hasil penelitian melalui seminar dan jurnal. Subjek ujicoba adalah mahasiswa S1 calon guru pendidikan vokasi bidang busana yang sedang mengikuti pembelajaran teknologi tekstil pada semester ganjil 2012/2013 di Program Studi Pendidikan Teknik Busana, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik statistik deskriptif kuantitatif dengan penyajian data berupa tabel, grafik, dan diagram, serta menggunakan teknik statistik inferensial yaitu dengan ANOVA satu jalur. Proses analisis data menggunakan program Excell dan SPSS for Windows 17.0. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Model AFL berbasis HOTS untuk pembelajaran bidang busana bagi mahasiswa calon guru pendidikan vokasi berhasil dikembangkan melalui HC-ADDIE modification model. (2) Model AFL berbasis HOTS terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman dan HOTS mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan tren perkembangan pemahaman dan HOTS mahasiswa yang meningkat secara signifikan pada setiap siklusnya berdasarkan perhitungan ANOVA satu jalur. Temuan lain hasil penelitian adalah adanya peningkatan yang signifikan pada sikap dan perilaku positif mahasiswa calon guru pendidikan vokasi bidang busana yang dibuktikan dengan tren perkembangan sikap dan perilaku positif mahasiswa pada setiap siklusnya berdasarkan perhitungan ANOVA satu jalur.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: AFL, HOTS, pembelajaran bidang busana, mahasiswa pendidikan vokasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:56
Last Modified: 11 Jul 2022 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13325

Actions (login required)

View Item View Item