Model Evaluasi Internal Kompetensi Guru Bahasa Inggris (Model_EIKGBI) SMA

Sahraini, Sahraini (2015) Model Evaluasi Internal Kompetensi Guru Bahasa Inggris (Model_EIKGBI) SMA. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sahraini-08701269008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model evaluasi kompetensi guru bahasa Inggris SMA yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan guru dalam proses pemelajaran, (2) mengetahui efektivitas implementasi evaluasi internal kompetensi guru bahasa Inggris SMA, dan (3) menghasilkan sistem informasi untuk mendukung model evaluasi tersebut. Studi ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development, R & D) yang mencakup 5 (lima) langkah kegiatan, yaitu (1) tahap studi investigasi awal, (2) tahap pengembangan, (3) tahap validasi, (4) tahap uji coba dan revisi, dan (5) finalisasi Produk. Karakteristik model evaluasi internal kompetensi guru bahasa Inggris adalah reflective cycle. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu: perencanaan, observasi kelas, diskusi, dan refleksi. Model evaluasi internal kompetensi guru bahasa Inggris didukung oleh instrumen evaluasi diri guru, evaluasi teman sejawat, dan evaluasi siswa. Instrumen ini mengungkap kemampuan guru merencanakan pemelajaran bahasa Inggris, kemampuan guru dalam pelaksanaan pemelajaran bahasa Inggris, dan kemampuan guru menilai hasil pemelajaran bahasa Inggris. Produk yang dihasilkan pada tahap-tahap tersebut divalidasi oleh teman sejawat, ahli materi, akhi pendidikan, ahli evaluasi, ahli pengukuran, dan praktisi lapangan. Uji coba Model_EIKGBI dengan skala terbatas melibatkan 3 guru bahasa Inggris, 6 teman sejawat, dan 125 siswa, sedangkan uji coba skala lebih luas melibatkan 17 guru bahasa Inggris, 34 teman sejawat, dan 225 siswa. Validitas instrumen dihitung dengan menggunakan Analisis Faktor Eksploratori (Exploratory Factor Analysis), sedangkan untuk megukur tingkat kesepahaman antar penilai terhadap hasil penilaian oleh para penilai, koefisien reliabilitas instrumen dianalisis dengan menggunakan program Genova (Generalizability of varians) yang dikembangkan oleh Crick & Brennan pada tahun 1983. Hasil uji coba instrumen skala diperluas, diperoleh nilai KMO- MSA (Kaiser-Meyer-Olkin Measure of Sampling Adequacy) > 0.5, uji Bartlett’s Test of Sphericity dengan taraf signifikansi ≤ 0.05, dan nilai indeks korelasi item total kurang dari 0.3 (rit<0.3). Koefisien penilaian interrater menunjukkan bahwa nilai G study > 0.70 Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) model evaluasi dan instrumen yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengevaluasi kompetensi guru bahasa Inggirs dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan guru dalam merencanakan pemelajaran, melaksanakan proses pemelajaran, dan menilai hasil pembelajara, (2) model evaluasi iInternal kompetensi guru bahasa Inggris SMA yang dikembangkan memperoleh nilai sangat baik berdasarkan hasil peilaian dari expert judgment dan subjek coba, dan (3) sistem informasi hasil penilaian dari penilai disajikan dalam bentuk kekurangan dan kelebihan guru dengan menggunakan program software evaluasi internal kompetensi guru bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: evaluasi internal, model evauasi, kompetensi guru
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 23 Jun 2022 07:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13317

Actions (login required)

View Item View Item