UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUTRAN KECAMATAN BANTUL

Vita, Suciningtyas (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SUTRAN KECAMATAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara dengan metode diskusipada siswa kelas V SD Negeri Sutran, Kecamatan Bantul. (2) untuk meningkatkan hasil keterampilan berbicara setelah penerapan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(Classroom Action Research) yang dilakukan dengan model spiral Kemmis & Mc. Taggart, langkahnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sutran yang berjumlah 29 siswa, 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan proses dan hasil keterampilan berbicara anak pada siswa kelas VI SD Negeri Sutran Kecamatan Bantul. Peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan metode diskusi yaitu siswa sudah berpartisipasi dan sungguh-sungguh dalam mengumpulkan informasi. Siswa merasa senang, aktif berkontribusi, dan kerja sama dalam kelompok. Siswa sudah menghargai pendapat teman dan bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas. Peningkatan rata-rata nilai keterampilan berbicara dari prasiklus dengan rata-rata 64,48 ke siklus I dengan rata-rata 74,14 meningkat sebesar 9.66. Peningkatan rata-rata nilai keterampilan berbicara dari siklus I dengan rata-rata 74,14 ke siklus II dengan rata-rata 78,16 meningkat sebesar 4,02Jumlah siswa yang mencapai KKM dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 7 siswa atau sebesar 24,14%. Berdasarkan hasil observasi, aktivitas siswa dalam mengikuti pelaksanaan tindakan dengan menerapkan metode diskusi mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas kelas mencapai 73,59% dan pada siklus II mencapai 84,25%. Terjadi peningkatan sebesar 10,66%. Kata kunci: keterampilan berbicara, metode diskusi, kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13297

Actions (login required)

View Item View Item