PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU, DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Nova, Setiawan (2014) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU, DAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09518241026.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) memperoleh gambaran tentang: kemampuan manajerial kepala sekolah, kemampuan profesional guru, fasilitas pembelajaran, dan efektivitas sekolah pada guru SMK Negeri 2 Bandar Lampung, (2) mengetahui pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah, (3) mengetahui pengaruh kemampuan profesional guru terhadap efektivitas sekolah, (4) mengetahui pengaruh fasilitas pembelajaran terhadap efektivitas sekolah, dan (5) mengetahui pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah, kemampuan profesional guru, dan fasilitas pembelajaran terhadap efektivitas sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Uji coba instrumen dilakukan terhadap 41 orang guru dari keseluruhan guru yang berjumlah 141 orang guru di SMK Negeri 2 Bandar Lampung, sedangkan 100 orang guru lain dijadikan sampel dalam penelitian (sampel jenuh). Data dikumpulkan dengan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Kemampuan manajerial Kepala termasuk kategori cukup dengan skor rerata angket sebesar 69,96, kemampuan profesional guru termasuk kategori cukup dengan skor rerata angket sebesar 57,67, fasilitas pembelajaran termasuk kategori cukup dengan skor rerata angket sebesar 73,74, dan efektivitas sekolah termasuk kategori cukup dengan skor rerata angket sebesar 86,99, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap efektivitas sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,474, (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kemampuan profesional guru terhadap efektivitas sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,320, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada fasilitas pembelajaran terhadap efektivitas sekolah dengan koefisien korelasi sebesar 0,444, (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada kemampuan manajerial kepala sekolah, kemampuan profesional guru, dan fasilias pembelajaran secara bersama-sama terhadap efektivitas sekolah dengan koefisien regresi sebesar 0,576. Kata kunci: kemampuan manajerial Kepala sekolah, kemampuan profesional guru, fasilitas pembelajaran, efektivitas sekolah, prestasi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: 09518241026
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 18 Mar 2015 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 19:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item