PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SMKN 2 KEBUMEN

Anshori, Febriyanto (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SMKN 2 KEBUMEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X TP 4 SMK N 2 Kebumen, dan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Pengetahua Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X TP 4 SMK N 2 Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus yang setiap siklusnya menggunakan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah siswa yang m menjadi subjek penelitian ada 32 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket motivasi, lembar posstest, posstest, dan LKS sebagai penunjang dalam pengaplikasian model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT). Data tentang motivasi diperoleh melalui melalui angket dan dianalisis menggunakan skala Likert, kemudian dikategorikan berdasarkan perolehan skor yang diperoleh setiap indikator. Data tentang prestasi belajar diperoleh melalui tes yang kemudian dibandingkan untuk mengetahui effect size sebagai ukuran keberhasilan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi terlihat dari menurunnya jumlah siswa yang berada pada kategori rendah dan sangat rendah pada setiap indikator motivasi yaitu: (1) indikator 1 siklus I, ada 1 siswa dalam kategori sangat rendah dan 9 siswa kategori rendah, pada siklus II, hanya 1 siswa dalam kategori rendah; (2) indikator 2 siklus I ada 9 siswa dalam kategori kategori rendah, meningkat hanya ada 1 siswa kategori rendah pada siklus II; (3) indikator 3 siklus I ada 2 siswa dalam kategori rendah, pada siklus II tidak ada; (4) indikator 4 siklus I, ada 11 siswa pada kategori rendah, meningkat hanya ada 2 siswa dalam kategori kategori rendah pada siklus II; (5) indikator 5 siklus I, ada 3 siswa dalam kategori rendah, pada siklus II tidak ada siswa dalam kategori rendah; dan (6) indikator 6 pada siklus I, ada 4 siswa menjadi hanya 2 siswa dalam kategori rendah. Peningkatan hasil bela belajar siswa pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dapat dilihat pada hasil rata-rata posstest siklus I sebesar 6,67 dan telah mengalami peningkatan pada hasil nilai rata-rata posstest siklus II sebesar 7,70 dengan besar effect size 2,59 yang termasuk dalam kriteria efek sangat tinggi. Kata kunci: Numbered Heads Together (NHT), motivasi dan hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), motivasi dan hasil belaja
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Mesin > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Mesin FT
Date Deposited: 19 Mar 2015 06:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item