PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 KLATEN

Nor, Priyanto and Istanto, Wahyu Djatmiko (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN KOMPONEN ELEKTRONIKA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09518244021.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kompetensi pengukuran komponen elektronika pada kompetensi dasar mendeskripsikan konsep pengukuran besaran-besaran listrik dan melakukan pengukuran besaran listrik di kelas X TITL A SMK Negeri 2 Klaten ditinjau dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dapat meningkat melalui strategi pembelajaran inkuiri. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi afektif untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa serta lembar observasi psikomotorik untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan terjadi peningkatan pada aspek afektif adalah sebagian kecil siswa (43,85%) berperilaku baikpada pertemuan pertama, meningkat menjadi sebagian besar (81,61%) pada pertemuan keenam. Tugas praktik siswasebagian besar mengalami peningkatan dengan rerata 71,47 menjadi 83,38. Sedangkan aspek kognitif siswa rerata posttest meningkat dari 66 pada siklus pertama menjadi 74 pada siklus kedua. Kata kunci: kompetensi, strategi pembelajaran inkuiri, berbasis komputer

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Admin Prodi Teknik Mekatronika FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 04:05
Last Modified: 29 Jan 2019 19:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item