PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 YOGYAKARTA

Faozi, Fadil (2015) PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM KEGIATAN ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMKN 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3 Fadil Fauzi 09505241030.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS, (2) kreativitas siswa, (3) prestasi belajar siswa, (4) pengaruh keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa, (5) pengaruh kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa, (6) pengaruh bersama-sama keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS dan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa, Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN 2 Yogyakarta yang berjumlah 62 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 52 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS dalam kategori tinggi; (2) Kreativias siswa dalam kategori tinggi; (3) Prestasi belajar siswa dalam kategori baik; (4)Tidak terdapat pengaruh signifikan keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS terhadap prestasi belajar siswa program keahlian teknik bangunan SMKN 2 Yogyakarta dengan nilai probabilitas (p) = 0,150> ptabel = 0,05; (5) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa SMKN 2 Yogyakarta dengan nilai probabilitas (p) = 0,143 > ptabel = 0,05; (6) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan siswa dalam kegiatan OSIS dan kreativitas siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK N 2 Yogyakarta dengan nilai probabilitas (p) = 0,174> ptabel = 0,05, dan persamaan Y=2,855 -0,004x1+0,004x2. Kata Kunci : keaktifan, kreativitas siswa, dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Admin Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT
Date Deposited: 17 Mar 2015 01:55
Last Modified: 29 Jan 2019 19:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item View Item