Penelitian Etnografis tentang Budaya Sekolah dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Sukadari, Sukadari (2014) Penelitian Etnografis tentang Budaya Sekolah dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-sukadari-06703261009.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan : (1) pengembangan budaya Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kasihan, Bantul dalam pembentukan karakter siswa, (2) pengintegrasian unsur penilaian pendidikan karakter dalam kegiatan sehari-hari di sekolah dasar secara utuh, (3) bentuk kegiatan siswa dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah, (4) hubungan pergaulan antarwarga sekolah setelah mendapatkan pendidikan karakter melalui budaya sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode etnografik dengan pendekatan kualitatif, untuk memahami kehidupan warga sekolah berdasarkan sudut pandang mereka. Subjek penelitian ini adalah siswa dan warga sekolah SD N Kasihan, Bantul. Teknik pengumpulan data adalah : (1) sumber tertulis, (2) sumber lisan, (3) artefak, (4) dokumentasi dan (5) rekaman. Analisis data dilakukan sebelum, selama, dan sesudah penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. (1) Guru dan kepala sekolah SD N Kasihan Bantul telah memahami budaya sekolah dan pendidikan karakter karena telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari pemerintah pusat maupun daerah, dan mendapatkan sosialisasi dari teman sejawat atau dari rapat-rapat di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dalam mengintegrasikan antara mata pelajaran dengan nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik dan signifikan bagi perkembangan perilaku siswa. (3) Kegiatan siswa telah berjalan dengan baik; siswa dapat mengikuti kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minat mereka. (4) Hubungan pergaulan antarwarga sekolah ada dalam suasana kondusif dan harmonis. Kedisiplinan siswa, guru, dan karyawan meningkat. Kebersihan lingkungan terjaga. Kejujuran dan kepedulian terhadap sesama, serta sopan santun terwujud dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: budaya sekolah, pendidikan karakter, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:08
Last Modified: 09 May 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

View Item View Item