Peranan Modal Sosial dalam Perbaikan Mutu Sekolah Dasar di Kota Malang

Suharjo, Suharjo (2014) Peranan Modal Sosial dalam Perbaikan Mutu Sekolah Dasar di Kota Malang. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-suharjo-10703261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: a) pola akses dan pemanfaatan modal sosial di sekolah dasar, dan b) peranan modal sosial dalam perbaikan mutu sekolah dasar di Kota Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian dengan teknik purposive sampling terdiri atas kepala sekolah, guru, siswa, dan anggota komite sekolah di SDN tipe A (satu sekolah besar) dan SDN tipe C (satu sekolah kecil). Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan analisis dokumen. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif secara interaktif maju berkelanjutan diantara pengumpulan data, pengorganisasian data, pengkodean dan pengkategorisasian data, identifikasi konsep, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan. Pertama, mutu sekolah di SDN tipe A dan SDN tipe C mengalami kemajuan melalui pemanfaatan modal sosial dalam dimensi jaringan dan norma-norma untuk perbaikan mutu sekolah. Kemajuan mutu sekolah di SDN tipe A dan SDN tipe C meliputi lingkungan fisik sekolah, budaya sekolah, dan prestasi akademik. Namun SDN tipe A telah mengalami kemajuan mutu sekolah lebih banyak dan lebih baik dibandingkan dengan SDN tipe C. Kedua, pemanfaatan modal sosial dalam dimensi jaringan dan norma-norma di SDN tipe A dan SDN tipe C oleh stakeholder sekolah mempunyai peranan penting dalam perbaikan mutu: (a) lingkungan fisik sekolah, (b) budaya sekolah (nilai-nilai sekolah), dan (c) prestasi akademik. Ketiga, modal sosial secara alami sudah ada dalam kehidupan di sekolah dasar. Namun SDN tipe A mempunyai pola akses dan pemanfaatan modal sosial dalam dimensi jaringan (networks) dan dimensi norma-norma lebih baik dari pada SDN tipe C untuk perbaikan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: peranan, modal sosial, mutu sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 Mar 2015 03:06
Last Modified: 19 Jan 2022 06:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13067

Actions (login required)

View Item View Item