Umu, Zakiyah (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUANSOSIAL (IPS) MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA SISWA KELAS V SDN 2 KEBAKALAN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran aktif tipe saling tukar pengetahuan (active knowledge sharing)pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kebakalan Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Kebakalan yang berjumlah 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes tertulis, lembar observasi guru, dan lembar observasi aktivitas siswa serta dokumentasi dalam penelitian ini adalah foto dan dokumen hasil belajar IPS siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah hasil belajar, sedangkan data yang dianalisis secara desktiptif kualitatif adalah hasil observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya strategi pembelajaran aktif tipe saling tukar pengetahuan (active knowledge sharing)dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri 2 Kebakalan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari meningkatnya persentase siswa yang mencapai KKM (ketuntasan 70) yaitu pada pra tindakan 25% meningkat menjadi 46,43% pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 78,57% pada siklus II. Sementara nilai rata-rata pra tindakan yang semula 59,50 (kategori cukup) meningkat menjadi 65,71 (kategori cukup) pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 72,36 (kategori baik) pada siklus II. Kata Kunci: hasil belajar IPS, strategi pembelajaran aktif tipe saling tukar pengetahuan (active knowledge sharing)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 16 Mar 2015 12:57 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13006 |
Actions (login required)
View Item |