PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KWAREN KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Achmad, Taufik Budi Kusumah (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KWAREN KECAMATAN NGAWEN KABUPATEN KLATEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI (ACHMAD TAUFIK 10108247107).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kwaren, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten tahun pelajaran 2013/2014 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Kwaren berjumlah 22 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan mencari rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kwaren. Peningkatan sikap/keaktifan siswa saat proses pembelajaran keterampilan menulis karangan narasi meningkat dari kondisi awal berada dalam kategori kurang, pada siklus II menjadi berada dalam kategori baik. Peningkatan nilai rata–rata keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I meningkat sebesar 5,28. Pada kondisi awal/pra tindakan nilai rata–rata keterampilan menulis karangan narasi 63,77 meningkat menjadi 69,05. Siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) meningkat sebesar 5 siswa (23%), pada pra tindakan 4 siswa (18%) meningkat menjadi 9 siswa (41%). Sedangkan, peningkatan nilai rata–rata keterampilan menulis karangan narasi pada siklus II meningkat sebesar 11,39. Pada kondisi awal/pra tindakan nilai rata–rata keterampilan menulis karangan narasi 63,77 meningkat menjadi 75,16. Siswa yang mencapai nilai KKM ( ≥70 ) meningkat sebesar 16 siswa (73 %), pada pra tindakan 4 siswa (18%) meningkat menjadi 20 siswa (91%). Kata kunci : keterampilan menulis karangan narasi dan media gambar seri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 07 Sep 2015 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12989

Actions (login required)

View Item View Item