PENINGKATAN CURIOSITY SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOSARI, KECAMATAN KEMIRI, KABUPTEN PURWOREJO

Fitri, Komariyah (2015) PENINGKATAN CURIOSITY SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOSARI, KECAMATAN KEMIRI, KABUPTEN PURWOREJO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Fitri Komariyah.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan curiosity pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Wonosari, Kemiri, Purworejo dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif dengan subjek yaitu siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu apabila sebanyak ≥ 80% siswa mencapai tingkat curiosity minimal dalam kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa curiosity siswa kelas V SDN Wonosari dalam pembelajaran IPA dapat meningkat melalui penerapan strategi inkuiri terbimbing. Curiosity siswa pada siklus I, 77,8% belum memenuhi kriteria keberhasilan sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II pada langkah merumuskan hipotesis dengan bertanya jawab terkait media yang digunakan dan pada langkah menguji hipotesis dengan memberikan dorongan atau memotivasi kepada siswa yang tidak aktif. Hasil siklus II meningkat menjadi 94,4%.. hasil curiosity siswa pada silkus II telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Kata Kunci: curiosity, strategi inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 13 Mar 2015 00:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12985

Actions (login required)

View Item View Item