Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Adobe Flash untuk Materi Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris SMA Kelas X

Rohmah, Farida Noor (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Adobe Flash untuk Materi Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris SMA Kelas X. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-farida-noor-rohmah-11706251012.swf

Download (44MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer untuk materi keterampilan berbicara bahasa Inggris SMA kelas X yang layak; (2) mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari aspek materi, media, dan pembelajaran; dan (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode research and development yang ditempuh dengan empat tahap yaitu studi pendahuluan, perencanaan pengembangan, pengembangan produk, dan evaluasi produk. Validasi produk dilakukan oleh ahli media yang menilai aspek media dan ahli materi yang menilai aspek materi dan pembelajaran. Setelah dilakukan validasi, produk diujicobakan kepada siswa berdasarkan aspek media, materi, dan pembelajaran. Subjek uji coba ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Ngemplak tahun ajaran 2012/2013. Uji coba produk dilakukan dengan tiga tahap yaitu uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar penilaian, dan observasi. Hasil penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut: (1) Produk yang dihasilkan pada penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis computer untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris yang berbentuk CD dalam format gabungan tutorial dan drilling untuk pembelajaran semi interaktif yang mencakup materi thanking, complimenting, congratulating, surprise dan disbelief. (2) Dari hasil validasi ahli diketahui bahwa kualitas aspek mediad inilai sangat baik dengan skor sebesar 4,51 dan aspek materi dinilai baik dengan skor sebesar 3,91. Dari uji coba lapangan diketahui bahwa kualitas media pembelajaran berbasis komputer untuk keterampilan berbicara bahasa Inggris SMA kelas X ditinjau dari aspek materi, aspek media, dan aspek pembelajaran dinilai sangat baik dengan skor sebesar 4,28, 4,32, dan 4,38 secara berurutan. Secara keseluruhan, kualitas media pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat baik dengan rata-rata skor sebesar 4,32. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan produk media pembelajaran yang dikembangkan menunjukkan bahwa 22 dari 30 siswa atau 73% sudah tuntas atau berhasil mendapat nilai minimal untuk kompetensi berbicara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2015 00:13
Last Modified: 09 May 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12981

Actions (login required)

View Item View Item