Kristiana Widi, Rahayu (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI UMBULWIDODO NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
SKRIPSI_KRISTIANA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Umbulwidodo Ngemplak Sleman dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research), dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri Umbulwidodo Ngemplak Sleman semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 26 siswa. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan soal evaluasi. Sebelum digunakan dalam penelitian, soal evaluasi divalidasi secara empirik dan expert judgement. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini yakni 70% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 dan meningkatnya keaktifan siswa pada proses pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan pencapaian KKM pada pretest sebesar 42,3 %. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan metode inkuiri terbimbing pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 53,8%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 84,6%. Proses pembelajaran IPS sesuai dengan hasil observasi, pada siklus 1 siswa sudah mulai menunjukkan keaktifannya walaupun masih bingung dengan penerapan metode inkuiri. Pada siklus 2 sebagian besar siswa aktif dalam proses pembelajaran. Kata kunci: prestasi belajar IPS, metode inkuiri terbimbing
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12965 |
Actions (login required)
View Item |