Penerapan Strategi Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Rakyat Siswa Kelas V SD Negeri Sagan Yogyakarta

Patau, Sartika Andi (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Resiprokal untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Rakyat Siswa Kelas V SD Negeri Sagan Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sartika-andi-patau-08712251027.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) meningkatkan minat belajar siswa kelas V SDN Sagan Yogyakarta dalam apresiasi cerita rakyat dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sagan Yogyakarta dalam apresiasi cerita rakyat. Penelitian ini dimaksudkan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi cerita rakyat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SDN Sagan Yogyakarta. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Kolaborator dalam penelitian guru kelas V sebagai pelaksana tindakan, peneliti sebagai observer, dan teman sejawat sebagai pembantu observasi. Langkah- langkah penelitian yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dan tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengetahui proses penerapan pembelajaran guru, angket digunakan untuk mengetahui minat belajar siswa, dan tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Data yang bersifat kualitatif terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Data yang berupa angka dianalisis secara deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan minat belajar siswa dapat dilihat dari jumlah siswa yang memiliki minat belajar kategori cukup pada siklus 1 sebanyak 11 orang (45,80%) dan siswa yang memiliki minat belajar kategori kurangsebanyak 13 orang (54,20%). Setelah penelitian dilanjutkan pada siklus 2, siswa yang memiliki minat belajar kategori baik mengalami peningkatan yaitu sebanyak 20 orang (83%). (2) Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar pada siklus 1 sebanyak 8 siswa atau 33,03% telah memenuhi KKM dan 16 siswa atau 66,07% belum memenuhi KKM. Setelah dilakukan perbaikan hasil belajar siswa pada siklus 2, jumlah siswa yang memenuhi KKM sebanyak 24 siswa atau 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran resiprokal dapat meningkatkan minat dan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sagan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, resiprokal, dan apresiasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item