Studi Komparasi Proses Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V SDEks-RSBI Dan SDSN Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Haryadi, Herjan (2014) Studi Komparasi Proses Pembelajaran Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V SDEks-RSBI Dan SDSN Di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-herjan-haryadi-11712251036.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan proses pembelajaran dan prestasi belajar siswa kelas IV dan V SD eks-RSBI dan SDSN di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada mata pelajaran matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan studi penelitian komparasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD eks-RSBI dan SDSN di DIY Tahun ajaran 2012/2013. Instrumen yang digunakan adalah (1) tes untuk mengukur prestasi siswa yang ditinjau dari aspek kognitif; (2) angket untuk mengukur proses pembelajaran didalam kelas ditinjau dari aspek perilaku; (3) angket yang diberikan kepada guru untuk mengukur kesetaraan atau sebagai pendukung dalam proses pembelajaran tersebut; dan (4) observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran, untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran yang sedang berlangsung di dalam kelas, sehingga prestasi dan proses pembelajaran yang diukur dengan tes atau angket tersebut yang mengacu kepada penilaiannya bisa secara real dilihat hubungannya. Analisis data menggunakan (1) statistik deskriptif untuk mendeskripsikan proses penelitian dan menggambarkan mean, median dan standar deviasi dari data yang diperoleh; dan (2) statistik inferensial dengan menggunakan uji multivariat (Manova) dan uji univariat dengan uji one sampel test atau uji t untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa.(1)tidak terdapat perbedaan proses pembelajaran dan prestasi belajar matematika antara siswa SDSN dan siswa SD Eks-RSBI di DIY, (2) terdapat perbedaan proses dan prestasi belajar IPA antara siswa SDSN dan siswa SD Eks-RSBI di DIY, (3) terdapat perbedaan proses dan prestasi belajar Bahasa Indonesia antara siswa SDSN dan siswa SD Eks-RSBI di DIY

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, prestasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12958

Actions (login required)

View Item View Item