Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Geometri Kelas VIII SMP

Setyaningsih, Erlyka (2015) Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Disposisi Matematis dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Geometri Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erlyka-setyaningsih-12709251009.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pendekatan pembelajaran problem posing ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan disposisi matematis, 2) keefektifan pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan disposisi matematis, dan 3) perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dan konvensional ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan disposisi matematis. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel Sleman yang terdiri atas 6 kelas. Kelas VIII A dan VIII D terpilih secara acak sebagai sampel. Kelas VIII D sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan pendekatan problem posing. Kelas VIII A sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulan data meliputi soal tes prestasi belajar yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda, soal tes kemampuan koneksi matematis yang terdiri atas 3 butir soal uraian, dan angket disposisi matematis siswa yang terdiri atas 30 pernyataan. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan pembelajaran problem posing maupun pembelajaran konvensional yang ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan disposisi matematis menggunakan uji t satu sampel. Perbedaan keadaan siswa sebelum perlakuan dan perbedaan keefektifan diukur menggunakan MANOVA. Selanjutnya untuk membandingkan keunggulan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran problem posing hanya efektif ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan koneksi matematis. Pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan disposisi matematis. Pendekatan pembelajaran problem posing lebih unggul dibandingkan dengan pembelajaran konvensional ditinjau dari prestasi belajar dan kemampuan koneksi matematis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan pembelajaran problem posing, prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, disposisi matematis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12935

Actions (login required)

View Item View Item