Keefektifan Problem-Based Learning pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP

Happy, Nurina (2014) Keefektifan Problem-Based Learning pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis, serta Self-Esteem Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
tesis-nurina happy-11709251047.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan problem-based learning ditinjau dari (a) kemampuan berpikir kritis matematis, (b) kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (c) self-esteem siswa; serta (2) perbandingan keefektifan problem-based learning dan pembelajaran konvensional ditinjau dari (a) kemampuan berpikir kritis matematis, (b) kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (c) self-esteem siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Imogiri. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Melalui pemilihan secara acak terpilih sampel penelitian, yaitu siswa kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen yang diberikan problem-based learning dan siswa kelas VIIIC sebagai kelompok kontrol yang diberi pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan metode pemberian pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis, pemberian angket self-esteem sebelum dan sesudah perlakuan, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Tes dan angket layak digunakan dengan revisi menurut reviewer. Estimasi reliabilitas tes kemampuan berpikir kritis matematis adalah 0,78, tes kemampuan bepikir kreatif matematis adalah 0,73, dan angket self-esteem adalah 0,83. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan statistik. Uji statistik yang digunakan adalah uji proporsi dan uji selisih dua proporsi. Hasil penelitian menunjukkan pada taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa (1) problem-based learning efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif matematis, tetapi tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dan self-esteem siswa; serta (2) problem-based learning lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari (a) kemampuan berpikir kritis matematis, (b) kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (c) self-esteem siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, berpikir kritis, berpikir kreatif, self-esteem
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 10 Oct 2022 07:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12884

Actions (login required)

View Item View Item