Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural dengan Tema Indahnya Kebersamaan bagi Peserta Didik Kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta

Abduh, Muhammad (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural dengan Tema Indahnya Kebersamaan bagi Peserta Didik Kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-abduh-12712251024.swf

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural dengan tema indahnya kebersamaan yang layak bagi peserta didik kelas IV SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta, dan 2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural dengan tema indahnya kebersamaan yang dikembangkan bagi peserta didik kelas IV SDN Pujokusukan 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Tahap penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall yang telah dielaborasi oleh Sukmadinata menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan, dan 3) pengujian dan sosialisasi. Subjek uji pendahuluan adalah tiga orang validator ahli dan satu orang validator praktisi. Subjek uji utama adalah peserta didik kelas IV B SDN Pujokusuman 1 Yogyakarta yang berjumlah 29 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi kegiatan guru dan peserta didik, angket penilaian perangkat pembelajaran oleh validator ahli dan praktisi, pre-test, dan tes hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data hasil penilaian validator pada uji terbatas menggunakan statistik Aiken’s V. Teknik analisis data pre-test dan tes hasil belajar pada uji utama menggunakan Paired T-Test atau uji T Berpasangan. Hasil penelitian pada uji terbatas adalah produk silabus, RPP, media pembelajaran, bahan ajar, dan tes hasil belajar menurut validator ahli dan validator praktisi adalah layak untuk digunakan, dibuktikan dengan rerata skor Aiken’s V untuk masing-masing perangkat pembelajaran yang mendekati 1, dengan kata lain memiliki validasi yang sangat tinggi dan layak untuk digunakan. Uji efektivitas menggunakan desain eksperimen ¬before-after dengan data hasil pre-test dan tes hasil belajar menunjukkan perbedaan yang signifikan. Signifikansi yang dihasilkan dari perhitungan SPSS menunjukkan angka 0,0001 ≤ 0,05. Kegiatan guru sebelum dan ketika menggunakan perangkat yang dikembangkan mengalami peningkatan sebesar 34,26%. Kegiatan peserta didik sebelum dan ketika diterapkan perangkat yang dikembangkan mengalami peningkatan sebesar 38,89%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, tematik-integratif, sosiokultural
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 01 Mar 2017 03:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12836

Actions (login required)

View Item View Item