Pengembangan Modul Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Integratif Berbasis Character Building sebagai Bahan Belajar Mandiri bagi Guru Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul

Maryani, Maryani (2015) Pengembangan Modul Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Integratif Berbasis Character Building sebagai Bahan Belajar Mandiri bagi Guru Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maryani-12712251012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan modul penyusunan RPP tematik-integratif berbasis character building yang dapat diterapkan sebagai bahan belajar mandiri bagi guru SD di gugus II Kecamatan Bambanglipuro, dan (2) mengetahui efektifitas modul penyusunan RPP tematik-integratif berbasis character building sebagai bahan belajar mandiri bagi guru SD di gugus II Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah. Dalam penelitian ini hanya dilakukan langkah 1 sampai langkah ke-9 karena keterbatasan waktu, tenaga dan biaya. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan, (3) desain produk, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan utama, (7) revisi hasil uji lapangan utama, (8) uji lapangan operasional, dan (9) revisi hasil uji operasional. Subjek coba dalam penelitian ini adalah guru-guru kelas sekolah dasar di Gugus II Kecamatan Bambanglipuro Kabupaten Bantul. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 2 orang guru untuk uji lapangan terbatas, 10 orang guru untuk uji coba lapangan utama, dan 36 orang guru untuk uji coba lapangan operasional yang terdiri dari 15 orang guru yang belum pernah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 dan 21 orang sudah pernah mengikuti pelatihan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan modul, angket penilaian modul dan lembar observasi RPP. Teknik analisis data menggunakan paired sample test dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul layak digunakan menurut penilaian ahli materi dan ahli media dan subjek coba pada uji coba lapangan terbatas, uji coba lapangan utama dan uji coba lapangan operasional. Modul juga efektif digunakan sebagai bahan belajar mandiri baik dari segi pemahaman maupun penerapan. Dari segi pemahaman, modul efektif digunakan dengan adanya peningkatan rerata skor tes hasil belajar yang signifikan yaitu sebesar 23,60 untuk subjek coba yang belum mengikuti pelatihan Kurikulum 2013 dan sebesar 21,05 untuk subjek coba yang sudah mengikuti pelatihan Kurikulum 2013. Dari segi penerapan, diperoleh rata-rata nilai RPP yang dikembangkan oleh subjek coba setelah membaca modul sebesar 79,48 yang menunjukkan bahwa modul efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, RPP, tematik-integratif, character building, belajar mandiri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

View Item View Item