Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Biologi tentang Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Negeri 2 Kota Magelang

Kulsum, Ummi (2014) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Masalah dalam Pembelajaran Biologi tentang Ekosistem untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Negeri 2 Kota Magelang. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-ummi-kulsum.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkonstruksi lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah pada pembelajaran biologi tentang ekosistem, (2) mengetahui kualitas LKPD berbasis masalah secara kualitatif, (3) mengetahui pengaruh lembar kerja peserta didik berbasis masalah pada materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA Negeri 2 Kota Magelang. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) penyusunan produk, dan 3) uji coba produk. Pada tahap analisis kebutuhan metode yang digunakan adalah survei. Pada tahap penyusunan produk dilakukan penyusunan LKPD berbasis masalah. Tahap selanjutnya adalah uji coba lapangan yang dilakukan pada dua kelas, satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen yang masing-masing kelas terdiri dari 31 orang peserta didik. Data kemampuan berpikir kritis diperoleh dari hasil pre-test dan post-test, dan dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) LKPD berbasis masalah pada materi ekosistem disusun sesuai dengan prosedur pengembangan produk. (2) LKPD berbasis masalah yang telah disusun terkategori baik menurut penilaian ahli pembelajaran, ahli materi, dan guru. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara keefektifan pembelajaran berbasis masalah menggunakan LKPD berbasis masalah dengan pembelajaran yang tidak menggunakan LKPD berbasis masalah dalam hal pemberdayaan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12830

Actions (login required)

View Item View Item