PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF MOUSE MISCHIEF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PUCANGGADING KULON PROGO

Dwi Setyo, Nugroho (2015) PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF MOUSE MISCHIEF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AFEKTIF IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PUCANGGADING KULON PROGO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan afektif IPA.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pucanggading dengan jumlah 11 siswa.Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan afektif IPA.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes.Teknik analisis data dilakukan secara analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwapenggunaan media interaktif Mouse Mischiefyang langkah-langkah kegiatan guru sebagai berikut: (1) menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai; (2) menyiapkan alat-alat pendukung media interaktif Mouse Mischiefberupa komputer guru yang tersambung dengan LCD proyektor dan beberapa mouse siswa yang tersambung dengan komputer guru; (3) melakukan presentasi pembelajaran yang memuat teks point-point materi pelajaran disertai gambar; (4) memfasilitasi siswa mengerjakan kuis pada media interaktif Mouse Mischiefyang dioperasikan dengan mode individu dan mode team; (5) mengakhiri pembelajaran dengan melakukan refleksi dan memberikan motivasi kepada siswa, maka hasil belajar kognitif dan afektif IPA dapat ditingkatkan.Peningkatan hasil belajar kognitif dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 69 dengan ketuntasan 55% setelah tindakan siklus II nilai rata-rata kelas menjadi 78 dengan ketuntasan 100%. Peningkatan hasil belajar afektif dapat dilihat dari persentase rata-rata sikap dan minat siswa pada siklus I sebesar 59% dengan kategori tinggi setelah tindakan siklus II menjadi 79% dengan kategori sangat tinggi. Kata kunci: media interaktif Mouse Mischief, hasil belajar, IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12793

Actions (login required)

View Item View Item