Konfigurasi Pendidikan antara Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Kaitannya dengan Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul

Raharja, Setya (2014) Konfigurasi Pendidikan antara Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Kaitannya dengan Kualitas Pendidikan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-setya raharja-09703261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola konfigurasi pendidikan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat; kualitas pendidikan; dan kaitan antara keduanya; serta (2) menemukan pola konfigurasi pendidikan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat yang berdampak pada kualitas pendidikan yang tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Lokasi penelitian di SMPN 2 Kretek, SMPN 3 Imogiri, dan SMP PGRI Kasihan Bantul, dengan informan kepala sekolah, guru, siswa, dewan sekolah, dan orang tua siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan langkah-langkah: mengorganisasi data, mengkode dan mereduksi data, mengelompokkan makna dan menggambarkan pengalaman, menemukan fenomenna, menjelaskan esensi fenomena dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Pola konfigurasi pendidikan pada tiga SMP di Kabupaten Bantul terbentuk oleh variasi pelaksanaan tanggung jawab pendidikan di keluarga, sekolah, dan masyarakat (tetangga, teman sebaya, dan media massa elektronik) yang dilakukan secara terpisah, berurutan, maupun bersama-sama. Secara terpisah, keluarga mendidik kedisiplinan, kultur, nilai-nilai, dan peran anak; sekolah mendidik aspek muatan akademik nasional dan lokal, pendidikan inklusif, pengembangan diri, life skill, kedisiplinan, dan peran siswa; sedang masyarakat memberi pengalaman pendidikan tentang pemeliharaan lingkungan atau fasilitas umum. Secara sequential, keluarga, sekolah, dan masyarakat mendidik agama, kesehatan. dan kehidupan sebagai warga negara, sedang secara bersama-sama mendidik tentang keterampilan sosial, kesadaran terhadap obat terlarang, pendidikan jasmani dan seks. (2) Kualitas pendidikan pada tiga SMP di Kabupaten Bantul bervariasi baik pada level individu siswa maupun level sistem sekolah. Pada level individu, sekolah optimal dalam memahami kondisi siswa dan membuat relevansi isi pendidikan, namun kurang optimal dalam mengakui pengetahuan dan pengalaman siswa, menerapkan berbagai proses pembelajaran, dan meningkatkan lingkungan belajar; sedang pada level sistem sekolah, sekolah optimal dalam menciptakan kerangka kerja legislasi, menerapkan kebijakan yang baik, dan mengukur hasil belajar, namun kurang optimal dalam membangun dukungan administratif dan kepemimpinan, serta menyediakan sumber daya yang cukup. (3) Pola konfigurasi pendidikan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat berkaitan dengan kualitas pendidikan di sekolah pada level individu siswa dan sistem sekolah. (a) Pola konfigurasi pendidikan tanpa pengaruh negatif dari ketiga lembaga pendidikan, dapat mencapai 8 aspek kualitas secara optimal. (b) Pola konfigurasi pendidikan dengan pengaruh negatif dari masyarakat atau dari keluarga dan masyarakat, dapat mencapai 7 aspek kualitas secara optimal. (c) Pola konfigurasi pendidikan di tiga sekolah belum mampu meningkatkan lingkungan belajar bagi siswa secara optimal. (4) Pola konfigurasi pendidikan antara keluarga, sekolah, dan masyarakat yang berdampak pada kualitas pendidikan yang tinggi, memiliki karakteristik bahwa masing-masing lembaga pendidikan secara konsisten melakukan tanggung jawab pendidikan yang bersifat separate, sequential, maupun shared dengan tidak ada pengaruh negatif pada aspek pendidikannya.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: konfigurasi pendidikan, kualitas pendidikan, pendidikan di keluarga, pendidikan di sekolah, pendidikan di masyarakat
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 19 Jan 2022 04:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item View Item