Asriningtyas, Wahyadi (2015) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PECAHAN SISWA KELAS IV SD N BATURAN 1 GAMPING SLEMAN. S1 thesis, PGSD.
|
Text
Skripsi Asriningtyas Wahyadi_10108247103.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berhitung pecahan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N Baturan 1 Gamping Sleman yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 11 perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif dan observasi. Tes objektif digunakan untuk mengukur keterampilan berhitung pecahan sedangkan lembar observsi bertujuan mengamati aktivitas siswa dan guru. Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment dan uji validitas empirik. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif, sementara data kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang anggota kelompoknya heterogen, mengutamakan kerjasama, sikap bertanggung jawab serta menghargai pendapat teman saat berdiskusi dapat meningkatkan keterampilan berhitung pecahan. Kata kunci: Keterampilan berhitung pecahan dan pembelajaran kooperatif STAD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12771 |
Actions (login required)
View Item |