PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI TEMANGGAL, KALASAN TAHUN PELAJARAN 2013/201

Abdullah, Hakim (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI TEMANGGAL, KALASAN TAHUN PELAJARAN 2013/201. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Temanggal melalui penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan teman sejawat. Penelitian menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Temanggal terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes objektif dan observasi. Tes objektif digunakan untuk mengukur kemampuan membaca pemahaman sedangkan lembar observsi bertujuan mengamati aktivitas siswa dan guru.. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Temanggal. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata tes. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pratindakan sebesar 40%, siklus I sebesar 57,14%, dan akhir siklus II sebesar 77,14%, sedangkan nilai rata-rata tes pratindakan 62,43, siklus I 68,23, dan akhir siklus II 73,43. Peningkatan proses pembelajaran dapat dilihat dari keaktifan siswa saat bekerja sama dalam kelompok, mereka antusias ketika mengkomunikasikan jawaban yang mereka temukan kepada teman kelompok lain serta memberikan tanggapan terhadap jawaban yang telah disajikan oleh kelompok lain. Kata kunci : Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

View Item View Item