PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PAKEM 2 SLEMAN

Tita, Setiani (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI PAKEM 2 SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI _Tita Setiani.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena masih terlihat kurangnya keterampilan sosial yang dimiliki oleh siswa kelas V di SD Negeri Pakem 2, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V di SD Negeri Pakem 2, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman tahun pelajaran 2013/2014 melalui penerapan metode simulasi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Pakem 2, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan metode simulasi dan lembar observasi aktifitas siswa fokus pada keterampilan sosial siswa. Sebelum digunakan, instrumen terlebih dahulu divalidasi secara expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kriteria yang digunakan untuk mengukur keterampilan sosial siswa ada 4 yaitu (1) Kriteria 1: berarti keterampilan siswa sangat rendah, (2) Kriteria 2: berarti keterampilan sosial siswa rendah, (3) Kriteria 3: berarti keterampilan sosial siswa tinggi, dan (4) Kriteria 4: berarti keterampilan sosial siswa sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode simulasi pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Peningkatan keterampilan sosial siswa ditunjukkan dengan adanya perubahan kriteria keterampilan sosial siswa dari kriteria lebih rendah menjadi lebih tinggi. Kriteria keterampilan sosial siswa prasiklus sebanyak 0 siswa masuk kriteria sangat rendah, 24 siswa masuk kriteria rendah, 6 siswa kriteria sedang, 0 siswa masuk kriteria tinggi, dan 0 siswa masuk kriteria sangat tinggi. Kriteria keterampilan sosial siswa siklus I sebanyak 0 siswa masuk kriteria sangat rendah, 3 siswa masuk kriteria rendah, 24 siswa kriteria sedang, 3 siswa kriteria tinggi, dan 0 siswa masuk kriteria sangat tinggi. Kriteria keterampilan sosial siswa siklus II sebanyak 0 siswa masuk kriteria sangat rendah, 0 siswa masuk kriteria rendah, 2 siswa masuk kriteria sedang, 22 siswa kriteria tinggi, dan 6 siswa kriteria sangat tinggi. Peningkatan keterampilan sosial siswa juga ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah skor keterampilan sosial siswa sebesar 22% pada siklus I dibanding prasiklus dan 62% pada siklus II dibanding siklus I. Kata kunci: keterampilan sosial, pembelajaran IPS, dan metode simulasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12766

Actions (login required)

View Item View Item