PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALONGAN, DEPOK, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Ana, Murni (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALONGAN, DEPOK, SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Kalongan dengan menggunakan media video. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalongan dengan jumlah 22 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart dengan dua siklus dan setiap siklusnya menerapkan langkah- langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi guru dan siswa untuk menilai aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis untuk mengukur prestasi belajar siswa dan juga dokumentasi untuk mendokumentasikan kegiatan. Analisis data yang digunakan untuk hasil tes siswa adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk mengukur prestasi belajar. Keberhasilan pencapaian indikator hasil siswa adalah 75% siswa yang tuntas mencapai KKM yaitu ≥ 65. Hasil penelitian ini bahwa penggunaan media video dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Kalongan. Dibuktikan dengan prestasi belajar siswa setelah tindakan siklus I meningkat sebesar 7,27 (dengan pra tindakan56,82pada siklus I meningkat menjadi 64,09) dan setelah tindakan siklus II sebesar 22,73 (dengan pra tindakan56,82pada siklus II meningkat menjadi 79,55). Persentase ketuntasan nilai siswa mengalami peningkatan dari pra tindakan 68% (7 siswa tuntas dan 15 siswa belum tuntas) setelah tindakan siklus I adalah 55% (12 siswa tuntas dan 10 siswa belum tuntas) dan setelah siklus II sebesar 86% (19 siswa tuntas dan 3 siswa belum tuntas). Kata Kunci : Prestasi belajar, IPS,Media Video, Siswa Kelas V.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item View Item