Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga

Amtorunajah, Amtorunajah (2014) Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS Melalui Outdoor Activity di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-amtorunajah.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dalam pembelajaran IPS melalui outdoor activity sebagai metode pembelajaran. Melalui outdoor activity memperoleh bukti-bukti otentik dalam peningkatan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingg. Penelitian ini terfokus pada peningkatan keterampilan sosial siswa. Kolaborator yang terlibat dalam penelitian ini adalah seorang guru pengajar IPS di kelas VIIA sebagai guru pelaksana dan guru IPS lainnya sebagai kolaborator. Data peningkatan keterampilan sosial diperoleh melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi, yang selanjutnya dianalisis untuk dibandingkan: (1) hasil pengamatan sebelum tindakan dan sesudah tindakan, dan (2) hasil pengamatan keterampilan sosial tiap siklus yang didukung oleh tanggapan berbagai pihak. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Sebelum dilakukan tindakan, peneliti melakukan pengamatan keterampilan sosial dengan hasil rerata 2,79 sama dengan 55,80 (kategori cukup). Pada penerapan outdoor activitiy pada pertemuan ke-1, ke-2, ke-3 pada Siklus I diperoleh hasil rerata keterampilan sosial siswa sebesar 3,12, atau dalam skala 20-100 sama dengan 62,40 (kategori cukup). Pada penerapan outdoor activity pada pertemuan ke-1, ke-2, ke-3 Siklus II keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan hasil skor rerata pengamatan keterampilan sosial siswa sebesar 3,69 atau dalam skala 20-100 sama dengan 73,80 (kategori baik). Pada penerapan outdoor activity untuk pertemuan ke-1, ke-2, ke-3 Siklus III keterampilan sosial siswa mengalami peningkatan yang ditunjukkan hasil skor rerata pengamatan keterampilan sosial siswa sebesar 4,16 atau dalam skala 20-100 sama dengan 83,20 (kategori baik). Berdasarkan hasil pengamatan keterampilan sosial siswa pada prasiklus, siklus I, siklus II, dan siklus III, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode outdoor activity dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial pada siswa. Dengan demikian metode pembelajaran dengan outdoor activity layak diterapkan dalam pembelajaran IPS sebagai salah satu kegiatan pembelajaran, khususnya untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan sosial, outdoor activity, pembelajaran IPS SMP
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 22 Mar 2017 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12749

Actions (login required)

View Item View Item