Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak

Nurcahyo, Ratih Widya (2014) Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratih widya nurcahyo-12702259010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini di bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak dalam kegiatan PPL di SMK, SMA, SMP se Kota Pontianak; (2) pengaruh praktik persekolahan terhadap kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak sebagai calon guru; (3) pengaruh rencana pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak sebagai calon guru; (4) pengaruh pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa STKIP PGRI Pontianak sebagai calon guru; (5) pengaruh secara bersama-sama antara praktik persekolahan, rencana pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa. Jenis Penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa STKIP PGRI Pontianak prodi TIK yang mengikuti atau melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di seluruh SMA, SMK dan SMP se Kota Pontianak pada tahun 2013, berjumlah 140 orang mahasiswa. Penentuan ukuran sampel menggunakan tabel Krejcie & Morgan. Dari tabel yang disediakan diperoleh sampel sebesar 102 orang. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik porpotional random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan data masing-masing variabel dan analisis regresi yang digunakan untuk mengetahui pengaruh praktik persekolahan, rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, termasuk kategori cukup dan kompetensi profesional termasuk kategori baik;(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara praktek persekolahan terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2 = 0,515; p= 0,000; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara rencana pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2=0,272; p=0,000; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pelaksanaan pembelajaran terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2= 0,515; p= 0,000; dan (5)terdapat pengaruh positif dan signifikan antara praktik persekolahan, rencana pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran secara bersama-sama terhadap kompetensi mahasiswa sebagai calon guru dengan nilai R2= 0,931. Prediksi perubahan Y ditunjukan oleh persamaan garis regresiY = 9,463 + 0,759X1 + 0,819X2 +0,763X3

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Praktik Persekolahan, Rencana Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 14 Sep 2022 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item