Pribadi, Muhammad Wilfan (2014) Upaya Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Biologi melalui Kegiatan Guided Discovery Inquiry pada Materi Sistem Pernafasan Manusia di Laboratorium IPA MAN Wonokromo Bantul. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-m-wilfan-pribadi-05702254021.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan keefektifan pembelajaran Biologi melalui kegiatan Guided discovery inquiry pada materi sistem pernafasan manusia di Laboratorium IPA MAN Wonokromo, Bantul, ditinjau dari keberhasilan prestasi siswa aspek kognitif, dimana 75% siswa telah mencapai standar ketuntasan minimal secara konsisten yang didukung oleh observasi pembelajaran dengan dengan hasil baik, penilaian afektif dan psikomotor siswa dengan hasil baik, penilaian respon siswa terhadap pembelajaran dengan hasil baik, penilaian motivasi siswa dengan hasil baik dan penilaian pengelolaan kondisi sarana prasarana laboratorium memenuhi standar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 di MANWonokromo, Bantul, , pada semester 2 tahun pelajaran 2012-2013 yang mengikuti pembelajaran Biologi dengan model Guided discovery inquiry pada materi sistem pernafasan manusia di Laboratorium IPA MAN Wonokromo Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara yakni, (1) test pra-siklus hingga test siklus III, (2) observasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kolaborator yang merupakan rekan kerja Musyawarah Guru Rumpun Mata pelajaran MIPA dalam satu sekolah yang sama, (3) kuisioner sikap/ afektif siswa, (4) observasi psikomotorik siswa (5) kusioner respon siswa terhadap model pembelajaran yang digunakan, (6) kuisioner motivasi siswa, dan (7) check list kondisi pengelolaan dan sarana prasarana laboratorium yang mendukung praktikum/ pelaksanaan pembelajaran Biologi dengan model Guided discovery inquiry. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitan menujukkan dari sisi (1) hasil aspek kognitif siswa dimana persentase siswa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) diatas 75 % dari prasiklus sebesar 0%, siklus I sebesar 73%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 80%, (2) hasil observasi pelaksanaaan pembelajaran dari siklus I, siklus II dan hasil siklus III dinyatakan dengan kategori cukup baik, (3) hasil kuisioner afektif siswa pada pembelajaran siklus II dinyatakan dengan kategori baik, (4) hasil observasi psikomotorik siswa pada pembelajaran siklus III dinyatakan dengan kategori cukup baik, (5) hasil kuisioner untuk mengukur respon siswa terhadap model pembalajaran Guided discovery inquiry yang diterapkan pada siklus I dinyatakan memenuhi kategori cukup baik, (6) hasil kuisinoner motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran dilakukan dua kali yakni pada pra-siklus dan siklus III, dinyatakan dengan kategori cukup baik (7) hasil check list penilaian kondisi pengelolaan dan sarana prasarana laboratorium yang mendukung pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Biologi dengan model Guided discovery inquiry dinyatakan dengan baik (84,38%).
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan pembelajaran biologi, guided discovery inquiry, sistem pernafasan manusia |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Mar 2015 02:47 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12605 |
Actions (login required)
View Item |