Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika SMP Berdasarkan Jenis dan Letak Kesalahan Tahun Pelajaran 2012/2013 di Kota Mataram

Mulyajaya, Muhamad satria (2014) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ujian Nasional Matematika SMP Berdasarkan Jenis dan Letak Kesalahan Tahun Pelajaran 2012/2013 di Kota Mataram. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-satria-mulyajaya-12701251020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional Matematika, 2) mendeskripsikan letak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional Matematika, 3) mendeskripsikan pada materi manasaja siswa banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional Matematika tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP tahun pelajaran 2012/2013 se-kota Mataram dengan jumlah peserta ujian 6.961 siswa. Sampel dipilih secara random berdasarkan kode paket soal yang dikerjakan yaitu POC-H06 dengan Jumlah peserta ujian sebanyak 278 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Data yang telah terkumpul berupa atribut, butir soal dan jawaban siswa kemudian di analisis dan divalidasi berdasarkan pertimbangan ahli (expert judgment). Hasil analisis berupa matriks Q dan respons siswa dianalisis kembali menggunakan program CDM dan Mplus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari materi yang diujikan pada soal UN telah terbentuk 12 atribut isi, 67 atribut proses dan 5 atribut keterampilan. Dari 5 materi yang diujikan,materi geometri merupakan materi yang tergolong sulit dengan tingkat ketuntasan butir soal hanya 17%. Jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah jenis kesalahan proses sebanyak 20,59%. Sedangkan untuk letak kesalahan disebabkan karena siswa salah konsep dengan ketidaktuntasan pada atribut (A1, A61, A62, A63, A72, A77), kesalahan proses dengan ketidaktuntasan pada atribut (A4, A5, A6, A8), kesalahan keterampilan dengan ketidaktuntasan pada atribut (A76, A81, A82).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, atribut, Ujian Nasional, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Jun 2022 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item