Evaluasi Kinerja Guru SMA yang Bersertifikat Profesional di Kabupaten Halmahera Barat

Hallo, Donal (2014) Evaluasi Kinerja Guru SMA yang Bersertifikat Profesional di Kabupaten Halmahera Barat. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-donal-hallo-12701251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53MB)

Abstract

Kesenjangan kualitas pembelajaran pada SMA di Kabupaten Halmahera Barat menjadi pekerjaan rumah besar dari pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Barat. Kualitas pembelajaran terkait sangat erat dengan kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat dilihat dari tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penilai/evaluator, dan pengembangan profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Lokasi penelitian ini adalah Kabupaten Halmahera Barat, dengan menitikberatkan pada SMA yang terdapat di kabupaten tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah 80 orang guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat yang lulus sertifikasi tahun 2007 sampai tahun 2012. Mengingat jumlah populasi penelitian yang tidak terlalu besar dan kondisi geografis sekolah yang dapat dijangkau, maka seluruh populasi penelitian dijadikan sebagai sasaran dalam pengumpulan data penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan untuk menjabarkan data kuantitatif yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian, dan analisis kualitatif dilakukan untuk menguraikan data kualitatif berupa informasi-informasi yang diperoleh mengenai kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat secara keseluruhan sudah cukup sesuai dengan standar kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis deskriptif kuantitatif masing-masing aspek tugas guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penilai, dan pengembangan profesi guru tergolong sangat baik. Hasil wawancara penelitian dengan berbagai pihak yang memberikan penilaian pada masing-masing aspek tugas guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, penilai, dan pengembangan profesi sebagian mengatakan bahwa kinerja guru SMA yang bersertifikat profesional di Kabupaten Halmahera Barat pada aspek-aspek tersebut sudah baik, sedangkan sebagian lagi mengatakan belum baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, pendidik, pengajar, pembimbing,penilai/evaluator, dan pengembangan profesi guru
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:47
Last Modified: 28 Jun 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12596

Actions (login required)

View Item View Item