Penentuan Batas Lulus Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA di Kabupaten Purworejo dengan Menggunakan Metode Standard Setting

Surachman, Anista ika (2014) Penentuan Batas Lulus Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA di Kabupaten Purworejo dengan Menggunakan Metode Standard Setting. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anista ika surachman-12701251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menentukan skor batas lulus (cutscore) Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA di Kabupaten Purworejo menggunakan metode Angoff, Direct Consensus Method dan Contrasting Group Method; dan (2) mengetahui metode yang paling akurat dalam menentukan skor batas kelulusan Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Penelitian dilakukan di Kabupaten Purworejo dengan sumber data berupa data set respons peserta Uji Coba Ke-3 Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA hasil MKKS Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013 dan panelis (ahli). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta tes sebanyak 623 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah respons dan lembar soal. Teknik analisis data yang dilakukan dengan kuantitatif dan didukung data kualitatif. Judgement ahli (Panelis) digunakan untuk menentukan cutscore dengan menggunakan metode Angoff, Direct Consensus Method dan Contrasting Group Method. Keakuratan metode dalam menentukan cutscore ditunjukkan dengan kecilnya nilai kesalahan pengukuran (SEM) yang diperoleh dari masing-masing metode. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) skor batas lulus pada Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Program IPA yang diperoleh dari metode Angoff sebesar 53,95 (skala 100), Direct Consensus Method sebesar 54,46 (skala 100) dan Contrasting Group Method sebesar 21 (skala 40) atau 52,50 (skala 100); (2) Direct Consensus Method merupakan metode yang paling akurat dibandingkan dengan metode Angoff dan Contrasting Groups Method, hal ini terlihat dari nilai SEM yang diperoleh relatif paling kecil yaitu 0,999.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: batas lulus (cutscore), standard setting, metode Angoff, Direct Consensus Method, Contrasting Group Method
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 05 Jul 2022 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item