Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Penguasaan Kala Lampau Bahasa Prancis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY

Sumiyati, Siti (2014) Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Penguasaan Kala Lampau Bahasa Prancis Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-sumiyati-08707254007.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menguji kelayakan software pembelajaran kala lampau bahasa Prancis yang dihasilkan untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY; (2) mengetahui peningkatan penguasaan kala lampau bahasa Prancis mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FBS UNY yang menggunakan produk multimedia pembelajaran yang dihasilkan. Pengembangan multimedia interaktif ini dilakukan melalui tahap : perencanaan, desain dan pengembangan. Perencanaan dengan langkah menetapkan ruang lingkup kajian dengan melakukan kajian pada silabus mata kuliah, mengidentifikasi karakteristik mahasiswa yakni berpusat pada belajar mereka, mengembangkan alat evaluasi, membuat dokumen perencanaan dengan mendesain animasi dan menentukan video untuk visualisasi proses peristiwa, menentukan dan mengumpulkan sumber. Desain dengan langkah: melakukan analisis konsep dan tugas, membuat flowcharts dan storyboards. Pengembangan dengan langkah: menyiapkan teks, menggabungkan bagian, menyiapkan materi pendukung, membuat program, melakukan uji alpha, membuat revisi, melakukan uji beta dan membuat revisi akhir serta melakukan uji coba produk (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan ini termasuk dalam kategori baik. Hal ini ditinjau dari aspek pembelajaran dengan skor 4,36, aspek materi dengan skor 4,37 dan aspek media 4. Informasi lain yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: (1) persentase mahasiswa yang mencapai ketuntasan belajar setelah menggunakan multimedia pembelajaran yang dihasilkan sebesar 75 % dan termasuk dalam kategori baik; (2) perolehan rerata gain score mahasiswa tersebut sebesar 0,59, yang lebih besar dibandingkan dengan prolehan rerata gain score kelompok mahasiswa yang tidak menggunakan produk yang dihasilkan sebesar 0,28. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran kala lampau bahasa Prancis dengan produk yang dihasilkan lebih efektif dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya. Dengan demikian, secara umum diperoleh simpulan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan layak dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran, kala lampau bahasa Prancis
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 09 Mar 2015 02:48
Last Modified: 08 May 2019 15:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12472

Actions (login required)

View Item View Item