The implementation of curriculum 2013 in the english language teaching and learning at smp 1 kajen pekalongan

Sukirno, Sukirno (2014) The implementation of curriculum 2013 in the english language teaching and learning at smp 1 kajen pekalongan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sukirno-12706259029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi Kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris di SMP 1 Kajen, (2) kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh guru Bahasa Inggris dalam pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013, dan (3) usaha-usaha yang dilakukan oleh guru Bahasa Inggris untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Inggris kelas VII pada SMP 1 Kajen Pekalongan dan siswa yang diampu oleh guru tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Hubberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris di SMP 1 Kajen belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Para guru belum sepenuhnya melaksanakan pendekatan saintifik dan penilaian otentik. Hal ini disebabkan oleh pemahaman guru terhadap kurikulum yang masih kurang dan keterbatasan waktu mengajar mereka. (2) Dalam proses pembelajaran dengan menerapkan Kurikulum 2013, guru-guru Bahasa Inggris menghadapi beberapa kesulitan. Kesulitan-kesulitan tersebut di antaranya adalah waktu jam pelajaran yang relatif sedikit untuk pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian otentik, masih ada siswa yang motivasi belajarnya rendah, dan kemampuan guru yang berbeda-beda terhadap pemahaman Kurikulum 2013. , dan (3) Guru-guru Bahasa Inggris melakukan berbagai usaha untuk mengatasi kesulitan yang dihadapinya. Usaha-usaha tersebut di antaranya adalah dengan menggunakan cara mengajar yang interaktif dan mengikuti berbagai pelatihan dan workshop yang berkaitan dengan Kurikulum 2013 di MGMP sekolah maupun di kabupaten.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementation,Curriculum 2013, English language teaching and learning
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 18:55
Last Modified: 24 Nov 2022 02:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12443

Actions (login required)

View Item View Item