Meningkatkan Proses Pembelajaran Kegiatan Menulis Siswa Kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Sleman pada Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui Jigsaw

Sugiyarti, Sugiyarti (2014) Meningkatkan Proses Pembelajaran Kegiatan Menulis Siswa Kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Sleman pada Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui Jigsaw. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sugiyarti-12706259024.swf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran kegiatan menulis siswa kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 1 Seyegan Sleman pada tahun pelajaran 2013/2014 melalui penggunaan jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif, yang dilakukan dalam dua siklus. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengambil dari model yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart (1988) pada Burns (2010:9), yang terdiri atas empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan guru Bahasa Inggris yang mengajar kelas VIII-C SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Data penelitian ini berupa data kualitatif yang dikumpulkan melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara, kuesioner, dan data kuantitatif yang dikumpulkan melalui tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam proses pembelajaran kegiatan menulis melalui penggunaan jigsaw. Pelaksanaan kegiatan jigsaw dalam proses pembelajaran menulis meliputi empat tahap: pembelajaran tentang latar belakang pengetahuan dan contoh teks sebagai persiapan menulis, menulis dalam kelompok ahli, menulis dalam kelompok team, dan menulis perseorangan. Peningkatannya adalah: 1) siswa memperoleh banyak kesempatan untuk menulis, 2) siswa mendapat bekal/persiapan yang cukup tentang apa yang akan ditulis, 3) siswa dapat menulis teks dalam kelompok ahli dan kelompok team, 4 ) siswa dapat menulis teks secara individu. Di samping itu peningkatan kemampuan menulis siswa juga dapat dilihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test. Rata-rata nilai pre-test siswa dalam kegiatan menulis teks recount adalah 59,80 dan nilai rata-rata post-test adalah 74,76. Sedangkan rata-rata pre-test siswa dalam kegiatan menulis teks deskriptive adalah 65,70, dan nilai rata-rata post-test adalah 78,00, jadi ada peningkatan nilai 14,96 pada teks recount dan peningkatan nilai 14,30 pada teks descriptive. Dari hasil-hasil peningkatan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan jigsaw dapat meningkatkan proses pembelajaran kegiatan menulis dan kompetensi menulis siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: jigsaw, learning process, writing activity
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Mar 2015 18:55
Last Modified: 24 Nov 2022 02:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12441

Actions (login required)

View Item View Item