Keefektifan Pendekatan Scientific dan Genre-Based dalam Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 1 Muntilan

Maknun, lu'luil (2014) Keefektifan Pendekatan Scientific dan Genre-Based dalam Pembelajaran Pemahaman Membaca Bahasa Inggris Siswa SMP Negeri 1 Muntilan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lu'luil-maknun-12706251015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini memuat empat tujuan penelitian. Pertama, membuktikan perbedaan yang signifikan di antara pendekatan scientific, genre-based dan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative siswa. Kedua, membuktikan keefektifan di antara pendekatan scientific dan genre-based dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative siswa. Ketiga, membuktikan keefektifan di antara pendekatan scientific dan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative siswa. Keempat, membuktikan keefektifan di antara pendekatan scientific dan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Muntilan, Magelang. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII B, C dan D yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple cluster random sampling. Siswa kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen 1, siswa kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen 2, dan siswa kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan melalui tes. Kualitas instrumen dilihat dengan program QUEST, berdasarkan Item Response Theory (IRT) dengan model 1-PL. Data dianalisis dengan menggunakan One Way Anova yang dilanjutkan Uji Scheffe dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific, genre-based, dan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative, dengan nilai F=24,989 dan sig(p) ≤ 0,05. Hasil Uji Scheffe menunjukkan (1) pendekatan scientific lebih efektif daripada pendekatan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative, dengan nilai mean difference = 14,55487 dan sig (p) ≤ 0,05; (2) pendekatan genre-based lebih efektif daripada pendekatan konvensional dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative, dengan nilai mean difference = 7,21429 dan sig (p) 0,003 ≤ 0,05; (3) pendekatan scientific lebih efektif daripada pendekatan genre-based dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative, dengan mean difference sebesar 7,34058, dan sig (p) = 0,002 ≤ 0,05; dan (4) pendekatan scientific paling efektif diantara ketiga pendekatan yang diteliti dalam pembelajaran pemahaman membaca teks narrative.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan scientific, pendekatan genre-based, pembelajaran pemahaman membaca bahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 17 Nov 2022 03:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12032

Actions (login required)

View Item View Item