Pengembangan Tes Kompetensi Gramatikal Bahasa Inggris Berbasis Web untuk Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo

Ayuba, Hasan (2014) Pengembangan Tes Kompetensi Gramatikal Bahasa Inggris Berbasis Web untuk Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hasan-ayuba-12706251021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan Tes Kompetensi Gramatikal Bahasa Inggris berbasis web yang berkualitas untuk mata kuliah Structure 4 Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan pengembangan tes, (3) perancangan produk/sistem, dan (4) evaluasi produk/sistem. Proses evaluasi dilakukan oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Subjek coba berjumlah 34 mahasiswa terdiri dari: 6 mahasiswa uji coba satu-satu, 12 mahasiswa uji coba kelompok kecil, dan 34 mahasiswa uji coba lapangan (termasuk subjek coba pada uji coba satu-satu dan uji coba kelompok kecil). Instrumen pengumpulan data berupa lembar evaluasi untuk ahli materi, ahli media, dan angket untuk mahasiswa yang mencakup aspek tampilan web dan aspek sistem. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) Kriteria tes yang berkualitas ditinjaudari skor Alpha 0.823 (Reliabel), Item –Tot. 0.299 (diterima), dan Mean Biserial 0.402 (diterima). (2) Tes kompetensi gramatikal bahasa Inggris ditinjau dari aspek materi dinilai “sangat baik” oleh ahli materi dengan skor 4,23. (3) Tes kompetensi gramatikal bahasa Inggris ditinjau dari aspek tampilan web dinilai “baik” oleh media (web) dengan skor 4,07. (4) Tes kompetensi gramatikal bahasa Inggris ditinjau dari aspek sistem dinilai “baik” oleh media (web) dengan skor 4,10. Hasil uji coba secara keseluruhan, baik uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan ditinjau dari aspek tampilan web dan aspek sistem rata-rata dinilai “sangat baik” oleh mahasiswa. Berdasarkan hasil evaluasi dari ahli materi, ahli media (web) dan hasil uji coba, tes kompetensi gramatikal bahasa Inggris berbasis web untuk semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo layak digunakan sebagai alat tes secara online. Produk akhir tes komptensi gramatikal bahasa Inggris berbasis web ini adalah sebuah sistem ujian online dengan alamat domain www.pbi-examweb.com.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tes, Gramatika, Kompetensi, dan Web
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 15 Nov 2022 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12020

Actions (login required)

View Item View Item